Ternyata, Warna Kulit Menentukan Cepat-Lambatnya Terbakar Sinar Matahari

Ilustrasi memakai sunscreen
Sumber :
  • Michael Kurzman, MD

VIVA Lifestyle – Sunscreen atau tabir surya menjadi salah satu produk skincare basic yang wajib digunakan setiap orang. Sunscreen sendiri memiliki sejumlah manfaat salah satunya adalah melindungi kulit dari sinar matahari dan sinar UV B, yaitu sinar UV yang paling banyak menyebabkan kanker kulit

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Selain itu, sunscreen juga memberikan perlindungan kepada pemakainya dari bahaya peradangan. Paparan sinar matahari dan sinar UV diketahui dapat menyebabkan kemerahan parah pada kulit hingga menimbulkan peradangan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Sunscreen yang dijual di pasaran juga mengandung SPF atau Sun Protection Factor. Ada berbagai jenis SPF yang ditawarkan di setiap produk sunscreen mulai dari SPF 30 hingga SPF 50.

Selama Puasa Dilarang Pakai Skincare dengan Bahan Ini, Kenapa?

Lantas apa itu SPF 30 dan SPF 50? Apakah jenis tersebut menentukan lamanya periode waktu proteksi yang diberikan terhadap kulit? Misalnya SPF 30 akan memberikan proteksi selama 3 jam dan SPF 50 memberikan proteksi selama 5 jam. Benarkah demikian? Terkait hal itu, Medical Innovation Expert, dr. Claudia Christin turut memberikan jawabannya.

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

“Sebenarnya hitungannya tidak seperti itu. Kan setiap kulit beda-beda kondisinya dan waktu yang dibutuhkan untuk terbakar,” kata dia saat ditemui dalam acara Media Briefing BeautyHaul Mart 2023, di Mal Kelapa Gading Jakarta Utara, Rabu 3 Mei 2023.

Lebih lanjut dijelaskan Claudia, umumnya mereka yang memiliki kulit lebih gelap akan lebih lama kulitnya terbakar ketika terpapar sinar matahari. Begitu pula sebaliknya, mereka yang memiliki jenis kulit yang lebih terang akan cepat terbakar ketika terpapar sinar matahari.

Claudia kemudian mencontohkan jika dia memiliki tipe kulit yang mudah terbakar dalam waktu 10 menit jika tidak menggunakan sunscreen kemudian menggunakan sunscreen dengan SPF 30. Maka dirinya akan mendapatkan perlindungan 300 menit. 

“Kalau misalnya saya terbakar dalam 10 menit kalau gak pakai perlindungan, terus aku pakai SPF 30, jadi aku dapat perlindungan 30 kali 10 menit aku terbakar. Berarti 300 menit terproteksi, begitu juga kalau 50, berarti dikali 10 menit, ada 500 menit terproteksi,” jelas dia. 

Namun Claudia mengingatkan, baik SPF 30 atau 50 akan tetap luntur karena keringat sehingga proteksi akan berkurang. Maka dari itu, penting untuk aplikasi ulang sunscreen setiap 3-4 jam sekali walau baru 120 sampai 180 menit penggunaan, tetap disarankan untuk dire-apply. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya