Ternyata, Ini Penyebab Sebenarnya dari Munculnya Jerawat

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.
Sumber :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

VIVA Lifestyle Jerawat bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Saat jerawat muncul, terkadang kita tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya. Entah makanan yang dikonsumsi, wajah yang kotor atau yang lainnya. 

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Ahli kesehatan kulit, dr. Naila Bilfaqih, Dipl. AAAM yang juga direktur MS GLOW Aesthetic Clinic, mengungkapkan, salah satu faktor penyebab jerawat adalah penyumbatan pada saluran keluar kelenjar minyak serta produksi minyak yang berlebihan pada suhu panas. Yuk, scroll untuk info lengkapnya

"Lingkungan yang lembap dan panas menyebabkan kulit lebih mudah berkeringat, sehingga keringat lebih mudah bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri. Akibatnya penyumbatan pori terjadi dan menyebabkan infeksi jerawat," ujar dokter Naila, dalam keterangannya, dikutip Sabtu 27 Mei 2023. 

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Maka menurut dokter Naila, sangat wajar jika kasus jerawat sangat tinggi pada semua orang yang tinggal di daerah tropis, khususnya di Indonesia. 

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

"Oleh karenanya, jika kerap berjerawat dan memiliki kulit sensitif hendaknya memilih produk yang benar dan sesuai," kata dia. 

Lalu, apa solusinya? 
Salah satu kandungan yang disebut-sebut ampuh memerangi jerawat adalah Mandelic Acid. Mengutip Healthline, Mandelic Acid memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat, sehingga sangat efektif dalam mengurangi jerawat meradang dan membantu mencegah terjadinya jerawat baru. 

"Jika memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi, Mandelic Acid bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena lebih gentle pada kulit," tulis situs tersebut. 

Sementara itu, Founder MS GLOW, Shandy Purnamasari, mengungkapkan, kandungan Mandelic Acid juga terdapat dalam Acne Fight Toner dari MS GLOW. 

"Kandungan Mandelic Acid sebanyak 3 persen dapat membantu mengurangi jerawat meradang dan menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Niacinamide juga sangat bermanfaat bagi kulit, khususnya dalam hal menghidrasi dan mencerahkan. Selain itu, Lactic Acid juga sangat gentle untuk kulit sensitif dan dapat membantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut," jelasnya. 

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/benzolx

"Acne Fight Toner sudah diuji dan terbukti efektif dalam mengurangi jerawat pada kulit. Dalam pengujian klinis, sebanyak 95 persen pengguna merasakan perubahan kulit menjadi lebih cerah, 80 persen mengatakan jerawat mereka mengalami penurunan, dan 88 persen merasakan perbaikan pada tekstur kulit setelah menggunakan Acne Fight Toner selama 4 minggu," imbuh Shandy Purnamasari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya