Desainer Asti Atmodjo Pamer Karya Kembang Desa: Glamor Tapi Masih Ndeso

Central Java Fashion Week.
Sumber :
  • Desainer Asti Atmodjo.

VIVA Lifestyle – Gelaran fashion show yang mempertunjukkan karya-karya lokal makin ramai digelar tahun 2023 ini. Akhir pekan lalu di kota Solo, Jawa Tengah, untuk kali pertama Central Java Fashion Week dihelat. 

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Desainer dari berbagai daerah pun unjuk karya. Para pengunjung Pakuwon Mall Solobaru yang menjadi venue pun sangat antusias menyaksikan acara. Yuk, scroll untuk melihat koleksi lainnya.

Central Java Fashion Week mengusung tema budaya Indonesia. Karya yang diikutsertakan, didominasi oleh kain-kain asli dari Indonesia. Sebagai salah satu desainer yang konsisten merancang batik kebaya modern, Asti Atmodjo turut diundang untuk menampilkan karya terbaik.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Asti menampilkan karya bertajuk Kembang Desa. Dinamai demikian, karena kembang desa memiliki makna perempuan cantik di desa.

Central Java Fashion Week.

Photo :
  • Desainer Asti Atmodjo.
Anggun Berkebaya, 100 Perempuan Indonesia Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung Kembang

”Kita ingin menampilkan batik-batik Jawa perpaduan antara Jawa pribumi dengan Tiongkok. Ada kesan glamor tapi masih ndeso,” ujar desainer asal kota Surabaya itu dalam keterangannya, dikutip Senin 29 Mei 2023. 

Bahan yang digunakan Asti untuk merancang Kembang Desa pun diambil dari batik Jawa Tengah, lebih spesifik lagi, Batik Solo. 

"Solo punya banyak pengrajin batik yang bagus, kualitas bagus, dengan seni dan proses pembuatan yang masih tradisional,” tambah Asti.

Dia menegaskan bahwa produk fashion dari Batik Solo sangat lah bagus. Bahkan, Asti sendiri sudah pernah melakukan ekspor Batik Solo ke berbagai negara seperti Belanda, Prancis, Chile, hingga Amerika.

Central Java Fashion Week jadi penanda bahwa tren industri fashion masih bersinar di pertengahan tahun 2023. Ke depannya, Asti mengamini bahwa event-event serupa bakal ramai diadakan sepanjang tahun ini.

"Banyak ide-ide baru dari desainer. Animo desainer muda saat ini sangat luar biasa. Tentunya antusias yang sama juga akan dirasakan oleh masyarakat khususnya pecinta fashion,” tutup pemilik brand XaVerana tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya