Dua Orang Tewas Akibat Infeksi Jamur Otak Usai Jalani Oplas Murah

ilustrasi operasi plastik
Sumber :
  • lookstudio/freepik

VIVA Lifestyle – Peringatan mendesak dari pejabat kesehatan diberikan setelah dua orang Amerika meninggal terkait dengan operasi plastik alias oplas murah di Meksiko. Pasien yang telah meninggal karena dugaan infeksi jamur di otak dan sumsum tulang belakang mereka setelah melakukan perjalanan ke Meksiko untuk operasi kosmetik dengan harga yang tak masuk akal.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Dikutip laman The Sun, sebanyak 18 orang lagi di Amerika Serikat diduga tertular infeksi, yang disebut meningitis jamur, setelah menjalani prosedur pembedahan, termasuk sedot lemak, dengan anestesi epidural di Matamoros, Tamaulipas, Meksiko. Scroll untuk info selengkapnya.

"Dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sedang memantau 206 lainnya yang berpotensi terpapar," kata badan itu dalam pembaruan yang dikeluarkan pada 24 Mei 2023 lalu.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Proses epidural sering digunakan dalam persalinan sesar dan operasi lainnya yang melibatkan penyuntikan anestesi langsung ke tulang belakang, khususnya ke dalam ruang di sekitar saraf tulang belakang yang disebut ruang epidural.

Brutal, Ekuador Bobol Kedutaan Besar Meksiko Untuk Tangkap Paksa Wapresnya yang Dituduh Korupsi

Setidaknya dua klinik khusus telah dikaitkan dengan wabah meningitis jamur: River Side Surgical Center dan Clinica K-3 terletak tepat di seberang perbatasan dari Brownsville, Texas.

"Kementerian Kesehatan Meksiko pada 13 Mei dan CDC menutup daftar 221 pasien AS yang mungkin berisiko meningitis berdasarkan catatan prosedur di klinik ini antara 1 Januari dan 13 Mei," kata agensi AS itu.

Tiga pasien lagi yang tidak termasuk dalam daftar diidentifikasi oleh CDC, sehingga total orang Amerika yang diketahui telah terpapar menjadi 224 orang. Agensi tersebut bekerja dengan departemen kesehatan di berbagai negara bagian untuk menghubungi mereka.

"Kami mendesak siapa pun yang memiliki anestesi epidural di salah satu klinik tersebut selama periode waktu tersebut untuk pergi ke pusat kesehatan, perawatan darurat atau ruang gawat darurat sesegera mungkin untuk diuji meningitis, bahkan jika mereka tidak memiliki gejala," tulis CDC.

Orang yang dinyatakan positif terinfeksi akan diberikan obat antijamur. Mereka yang dites negatif akan diminta untuk mengamati gejala dan mungkin kembali setelah dua minggu untuk pengujian lebih lanjut. CDC mencatat bahwa infeksi meningitis jamur tidak menular dan tidak ditularkan dari orang ke orang.

Ilustrasi penyakit/bakteri/virus.

Photo :
  • Unsplash

"Tetapi mendesak siapa pun yang telah memesan prosedur yang melibatkan suntikan anestesi epidural di Matamoros, Meksiko, untuk membatalkannya sampai ada bukti bahwa tidak ada lagi risiko infeksi di klinik ini," tandas CDC.

CDC pertama kali menerima kabar tentang wabah tersebut pada 8 Mei 2023 setelah pejabat negara bagian Texas diberi tahu tentang dua pasien wanita yang dirawat di Texas dengan gejala yang konsisten dengan meningitis antara lain sakit kepala, demam, fotofobia, dan leher kaku. Gejala itu dimulai sekitar dua hingga empat minggu setelah menerima prosedur kosmetik di River Side Surgical Center.

Dua lagi wanita Texas dirawat di rumah sakit dengan gejala serupa setelah menjalani operasi di Clinica K-3. Wisata medis ke Meksiko, telah menjadi lebih umum karena orang mencari prosedur berbiaya rendah dan menunggu perawatan lebih singkat, terutama untuk perawatan gigi, operasi, operasi kosmetik, perawatan kesuburan dan prosedur lainnya.

Namun, wabah meningitis jamur baru-baru ini menggemakan wabah yang dimulai setahun lalu di Durango, negara bagian Meksiko tepat di sebelah barat Tamaulipas. Dalam wabah itu, anestesi epidural dikaitkan dengan setidaknya 80 kasus meningitis jamur, 39 di antaranya berakibat fatal. Hampir semua kasus terjadi pada wanita yang menjalani prosedur ginekologi dan kebidanan.

Pengujian laboratorium mengaitkan kasus meningitis dengan patogen jamur spesifik: Fusarium solani, tetapi pejabat kesehatan belum mengaitkan patogen spesifik dengan wabah terbaru di Matamoros ini. Jamur fusarium secara alami ditemukan di lingkungan (bahan organik, tanah, dan air) dan telah diketahui mencemari produk farmasi yang dibuat dengan tidak benar, lapor Ars Technica. Infeksi bakteri langka yang terkait dengan obat tetes mata yang terkontaminasi juga merenggut nyawa empat orang Amerika tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya