Gak Sembarangan, Ini Waktu Terbaik Buat Nimbang Berat Badan

Timbangan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Seseorang yang sedang fokus menurunkan berat badan atau tengah menjalankan diet, biasanya rutin menimbang berat badan, bahkan hingga beberapa kali sehari. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Namun, tahukah kamu, ternyata tidak sembarang waktu menimbang jika ingin mengetahui berat badanmu yang . sebenarnya. Ada waktu-waktu tertentu yang dikatakan sebagai waktu terbaik untuk menimbang bobot tubuhmu. Kapan? Yuk, scroll untuk mengetahuinya.

Berikut waktu terbaik untuk menimbang berat badan dan faktor-faktor yang perlu diperhatikan sebelum menimbang, dilansir Times of India, Selasa 6 Juni 2023. 

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Pagi hari
Menimbang berat badan yang terbaik adalah di pagi hari saat perut kosong. Pastikan kamu membersihkan usus atau pergi ke toilet terlebih dahulu sebelum menginjak timbangan. 

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Sarapan dan minum air putih
Setelah menimbang berat badan, pastikan kamu minum air putih, teh, vitamin atau sarapan terlebih dahulu. 

Bobot bisa bervariasi
Berat badanmu bisa bertambah 500 gram hingga 1 Kg jika kamu menimbang berat badan sambil membawa tambahan dari makanan yang sebelumnya tidak tercerna. 

Bagaimana, jika hasil timbangan di malam hari lebih kecil?
Orang-orang yang aktif secara fisik mungkin memiliki berat badan lebih rendah di malam hari. Namun tetap saja, berat badan kamu yang sebenarnya adalah saat di pagi hari, demikian menurut pakar kesehatan. 

Seberapa sering harus menimbang berat badan?
Untuk gambaran yang jelas, menimbang berat badan sebulan sekali sudah cukup. Memeriksanya setiap hari bahkan tidak diperlukan. 

Mengapa berat badan harian berfluktuasi?
Berat badan harian kamu bisa berfluktuasi berdasarkan apa yang kamu makan pada hari sebelumnya, berapa banyak air yang kamu minum, konsumsi obat, tingkat aktivitas fisik, dan lain-lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya