Jangan Skip Skincare Routine Ini, Kerutan Bisa Muncul Lebih Cepat

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/benzolx

JAKARTA – Meski menjadi bagian alami dari penuaan, kerutan kerap dikeluhkan dan menjadi masalah bagi banyak orang. Selain faktor internal, kerutan juga bisa timbul akibat faktor eksternal seperti sering terkena paparan sinar matahari yang memperparah proses penuaan. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Sinar matahari mengandung ultraviolet (UV) yang dapat mempercepat proses penuaan. Paparan sinar UV dapat merusak bagian jaringan ikat bawah dari kulit. Tanpa adanya jaringan ikat yang mendukung, kulit akan kehilangan kekuatan dan fleksibilitas. Akibatnya, kulit menjadi tidak kencang, melorot, dan berkerut. Lantas bagaimana cara untuk menghindari kerutan? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya.

Terkait dengan hal itu, Dermatologist, dr. Pipim S Bayasari, Sp.DV angkat bicara. Menurutnya, penting memerhatikan kebiasaan penggunaan skincare atau skincare routine pada pagi dan malam hari. Pada pagi hari, skin routine akan berfokus untuk perlindungan dan pencegahan.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

"Perlindungan terhadap sinar matahari makanya penting untuk menggunakan tabir surya. Pencegahan, dalam arti menghindari dari radikal bebas. Itulah fungsinya serum yang mengandung vitamin A, C, E atau niacinamide," kata dia dalam virtual meeting Peluncuran Eksklusif Produk Terbaru Youvit - Get ready to be Nourish Inside, Glow Outside, Selasa 4 Juli 2023. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Lebih lanjut, mengenai penggunaan sunscreen, Pipim juga mengungkap yang sering menjadi salah konsep di masyarakat adalah tidak me-reapply kembali sunscreen setiap dua jam. Padahal kata dia, sunscreen hanya bekerja selama dua jam. 

"Tabir surya penggunaannya per dua jam diulang, pakainya two finger," ujarnya. 

Sementara itu, untuk night routine dimaksudkan untuk meregenerasi kulit. Maka dari itu, pada malam hari kata Pimpin, ada beberapa skincare yang harus digunakan mulai dari serum, pelembap, hingga penambahan produk night cream.

"Malam hari tetap ditambahkan bahan aktif urutannya facial wash, toner, serum dari cair dengan kandungan antioksidan, terus dilanjutkan pelembap untuk skin barrier kita. Ketika kita epiderma, water loss kulit akan mudah terpapar infeksi dan faktor lainnya yang sebabkan kulit jadi tidak elastis lagi," jelasnya.

Setelah menggunakan pelembap, Pipim menjelaskan Anda dapat menambahkan bahan aktif seperti retinol yang bisa digunakan hanya tiga kali dalam sepekan. 

Ilustrasi skincare.

Photo :
  • Freepik/jcomp

"Untuk penggunaan kalau kulit kita sudah kering sekali sistemnya seperti sandwich yaitu serum, pelembap, retinol, pelembap lagi," ujarnya.

Selain itu dari dalam, Anda juga bisa mengonsumsi produk kolagen di malam hari. Sebab, malam hari menjadi momen untuk proses regenarasi dalam tubuh.

"Untuk konsumsi kolagen malam hari baik, karena saat malam hari membantu regenerasi malam hari, sehingga pagi hari jadi lebih fresh," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya