Auto Mulus! Ini 8 Tips Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat atrophic
Sumber :
  • glow by me

VIVA Lifestyle – Bekas jerawat adalah masalah kulit yang biasa dihadapi oleh banyak orang. Meski jerawat bisa hilang dengan sendirinya, bekas jerawat seringkali menjadi masalah. Bekas jerawat dapat membuat kulit terlihat kemerahan, berbintik, dan tidak merata, sehingga menurunkan rasa percaya diri. 

Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

Meskipun tidak mudah, namun menghilangkan bekas jerawat bukanlah hal yang tidak mungkin. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara ampuh yang dapat membantu mengatasi masalah bekas jerawat dan mengembalikan kepercayaan diri kamu.

1. Rutin Membersihkan Wajah

Coros Rilis Vertix 2S, Ini Spesifikasi dan Harganya

Mencuci kulit wajah.

Photo :
  • U-Report

Membersihkan wajah secara teratur merupakan langkah penting dalam menghilangkan bekas jerawat. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, dan pastikan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. 

7 Tips Pakai Sunscreen yang Tepat, Dijamin Bisa Hempas Komedo

Membersihkan wajah akan membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Menggunakan Pelembap

Wanita gunakan pelembap.

Photo :
  • U-Report

Setelah membersihkan wajah, selalu gunakan pelembap ringan yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Pelembap akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering yang dapat memperburuk penampilan bekas jerawat.

3. Penggunaan Produk Skincare dengan Kandungan Cerah

Ilustrasi Skincare

Photo :
  • Azloe Official

Pilih produk skincare yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, asam kojic, atau niacinamide. Bahan-bahan ini memiliki efek memudarkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit secara keseluruhan.

4. Eksfoliasi Kulit secara Teratur

Cara Alami Merawat Dan Mengatasi Kulit Wajah Kering, Mengelupas Dan Berjerawat

Photo :
  • U-Report

Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bekas jerawat terlihat lebih menonjol. Gunakan eksfolian yang lembut dan hindari menggosok kulit terlalu keras, karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi.

5. Penggunaan Masker Wajah

Masker wajah

Photo :
  • Pixabay/ VisionPics

Masker wajah dapat membantu mengurangi kemerahan dan meratakan warna kulit. Pilih masker yang mengandung bahan-bahan seperti gliserin atau aloe vera untuk menjaga kelembapan kulit.

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum air

Photo :
  • Times of India

Air putih sangat penting untuk kesehatan kulit kamu. Minumlah setidaknya delapan gelas air putih setiap hari untuk membantu membersihkan tubuh dari racun dan menjaga kulit tetap lembab.

7. Hindari Sinar Matahari Langsung

Berjemur di sinar matahari

Photo :
  • Times of India

Sinar matahari dapat membuat bekas jerawat semakin terlihat jelas. Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi setiap kali kamu beraktivitas di luar ruangan, terutama pada siang hari.

8. Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Ilustrasi dokter.

Photo :
  • U-Report

Jika bekas jerawat kamu sangat mengganggu dan sulit diatasi dengan cara-cara di atas, sebaiknya konsultasikan masalah,u dengan dokter kulit. Dokter kulit dapat memberikan perawatan yang lebih intensif dan sesuai dengan kondisi kulitmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya