Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Ilustrasi wanita mengaplikasikan krim wajah
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

JAKARTA  – Kurang lebih dua pekan lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Fitri 1445H. Jelang Idul Fitri, ada banyak persiapan yang dilakukan masyarakat, termasuk soal penampilan. Ya memiliki wajah yang cerah bebas jerawat dan flek hitam di saat Lebaran tentu akan semakin membuat kita percaya diri. Terlebih Lebaran menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga besar.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Lantas bagaimana bisa memiliki wajah yang bebas dari flek hitam dan jerawat saat Lebaran besok? Spesialis dermatologi dan venereologi, dr. Kardiana Dewi, SpDVE FINSDV angkat bicara bahwa untuk bisa memiliki wajah yang bebas dari flek hitam dan jerawat tidak bisa dilakukan secara cepat. Butuh proses untuk memperbaiki masalah kulit ini.  

“Dalam skincare tidak ada sesuatu yang instan. Kalau instan itu krim abal-abal. Enggak boleh. Instan itu 2 minggu 1 bulan kita dapat melihat hasil,” kata Kardiana dalam acara Press conference Evolution of ANESSA “The Ultimate Day to Night Protection With Our New Suncare Habit’ di Park Hyatt Hotel Jakarta Pusat, Jumat 29 Maret 2024.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Namun demikian, jika mereka yang memiliki masalah flek hitam, bisa gunakan skincare yang mengandung vitamin C di pagi hari. Vitamin C sendiri kata dia dapat menghambat pembentukan pigmentasi. Sehingga saat Lebaran yang jatuh dua pekan mendatang wajah tidak terlalu gelap. 

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

“Kalau ada flek-flek minimal biar gak tambah berat, gunakan skincare yang mengandung vitamin c di pagi hari. Karena vitamin c menghambat pembentukan pigmen.  Buat wajah kita tidak terlalu gelap minimal. Lalu pakai sunscreen. Kalau malam pakai retinol, glikolid acid, AHA, atau BHA boleh,” ujarnya.

Sementara itu, untuk mereka yang memiliki jerawat kata Kardiana perlu perawatan spesial. Mereka dengan jerawat tetap perlu menggunakan pelembap. 

“Jerawat ini spesial, perlu pakai pelembap yang waterbase dan non komedo genic. Pakai sunscreen dengan tekstur seringan-ringannya. Kalau jerawat parah tidak pakai sunscreen tidak apa-apa,” katanya menjelaskan.

Kardiana mengungkap jika kulit kita bermasalah dan memang tidak menemukan jalan tengah dan tidak ada perubahan usai menggunakan produk skincare, dia mengimbau masyarakat untuk berkonsultasi ke dokter kulit. 

“Kalau kulit kita bermasalah memang tidak ketemu jalan tengahnya ada baiknya konsultasi ke dokter kulit,” katanya.

Kardiana menambahkan,”Intinya pasien yang kulit berjerawat prefer mengunakan BHA seperti salicylic acid karena kurangi produksi minyak bikin kulit kita lebih bersih dan jerawat berkurang. Kalau kulit flek pigmentasi vitamin c niacinamide, karena selain bantu cerahkan cocok untuk kulit kering berminyak juga bisa,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya