Curahan Hati Ivan Gunawan Lewat Busana Serba Gelap

Busana rancangan Ivan Gunawan
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVAlife - Desainer Ivan Gunawan berhasil memukau para pencinta fesyen di hari ke-5 Jakarta Fashion Week (JFW), Rabu, 5 November 2014. Dalam pagelaran yang dihelat di Fashion Tent, Senayan City ini, pria yang akrab disapa Igun tersebut menampilkan 35 busana siap pakai.

Menko Polhukam Sebut Transaksi Judi Online 3 Bulan Pertama di 2024 Capai Rp 100 T
Selain terinspirasi dari lagu
Kedjora
5 Fakta Selebgram Chandrika Chika Jadi Tersangka Kasus Narkoba
milik salah satu pemenang ajang pencarian bakat, Lesti, koleksi busana Ivan kali ini juga lebih banyak dipengaruhi perasaan sang desainer.
Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika

Meski mengusung sisi romantis, warna gelap yang mendominasi seluruh busana membuat koleksi Ivan juga terkesan tegas dan dingin. "Warna-warnanya 80 persen gelap dengan transisi dari sore ke malam," ujar Ivan.

Rangkaian koleksinya kali ini sangat bervariasi. Mulai dari gaun-gaun pendek, two pieces, gaun 7/8, long dress, jumpsuit, bomber jacket, hingga gaun megah dengan jubah bertuliskan puisi.

Adapun bahan yang digunakan kebanyakan tule, tafetta, jaccquard dan organdi. Bahan ini dipercantik dengan penambahan bordir bunga, silang dan lace bernuansa Eropa yang erat dengan kesan romantis.

"Siluet transparan dari bahan tule. Saya ingin yang saya rasakan bisa terlihat oleh orang lain," kata Ivan.

Selain itu permainan motif cetak juga mengisi setiap rancangan Ivan. Potongan-potongan busananya pun sangat simpel dan lebih masa kini.

Meski otodidak dalam dunia desain mode, keseriusan Ivan dalam setiap rancangannya tergambar dari penggabungan tekstur bahan yang berbeda dengan teknik tidak biasa. Seperti konstruksi tegas di bagian pinggang.

Ivan menuturkan bahwa ia mencoba mengeksplorasi busana-busana berpotongan lurus dan pas di badan untuk menunjukkan keindahan lekuk tubuh wanita.

Di akhir show-nya, busana berjubah karya Ivan mencuri perhatian. Di atas jubah hitam transparan, tertulis puisi dari tinta emas yang menggambarkan perasaannya pada seseorang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya