Waspada Kosmetik Palsu Ramai Dijual di Internet

Ilustrasi kosmetik
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id -Tampil dengan riasan make-up memang bisa membantu wanita meningkatkan rasa percaya diri. Tapi hati-hati jangan sembarang membeli produk make-up. Apalagi, jika dibeli melalui belanja online.

Hal ini perlu diwaspadai sebab belakangan, marak dijual produk make up palsu yang mengandung bahan kimia berbahaya 200 kali batas aman.

Bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya, termasuk arsenik, timbal, merkuri, tembaga dan kadmium.

Seperti dilansir Daily Mail, sejumlah masalah kesehatan bisa saja timbul karena penggunaan produk palsu ini. Salah satunya, akibat tingginya kandungan logam yang ada dalam produk make-up, dapat menyebabkan masalah kesuburan, kebutaan bahkan kematian.

Saat ini, semakin banyak orang menjual produk make-up palsu yang mengandung tingkat berbahaya bahan kimia beracun. Salah satunya, produk palsu dengan merek ternama ditemukan banyak dipalsukan oknum tak bertanggung jawab. Bahkan setelah diteliti, produk palsu ini mengandung timbal hingga 19 kali batas aman.

Wanita hamil pun harus ikut waspada akan hal ini. Sebab, penggunaan make-up palsu bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Mereka, sangat rentan terhadap beberapa bahan kimia berbahaya yang ditemukan dalam produk-produk palsu, yang juga telah ditemukan mengandung senyawa penyebab kanker.

Make-up palsu dengan kandungan bahan kimia berbahaya, kini, sedang marak dijual di seluruh Inggris dan dalam volume besar secara online. Petugas Standar Perdagangan Dunia bahkan ikut memperingatkan tentang bahaya produk palsu ini.

Peringatan itu dikeluarkan setelah petugas standar perdagangan menyerbu toko penjual produk kecantikan di Nuneaton, Warwickshire. Toko ini sebelumnya dilaporkan kepada pihak berwenang oleh seorang pelanggan wanita yang dilaporkan memiliki reaksi kulit yang buruk setelah menggunakan produknya.

Karena sidak ini, sejumlah produk palsu keluaran perusahaan AS dan nama brand make-upĀ  terkenal lainnya disita, lalu diuji dan ditemukan mengandung tingkat tinggi timbal, arsen, merkuri, tembaga dan kadmium.

Lalu, apa bahayanya jika produk berbahaya ini diterapkan pada kulit?

Produsen Kosmetik Palsu Pasar Asemka Pakai Bahan Berbahaya



Logam berat, diyakini bisa menimbulkan masalah kesehatan mulai dari reaksi alergi dan sensitivitas kulit terhadap gangguan saraf dan bahkan kematian.

Sementara tingkat timbal yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah kesuburan, memori dan masalah konsentrasi serta peningkatan risiko kerusakan pada janin selama kehamilan.

Ahli Dermatologis pun telah melaporkan jumlah wanita yang menggunakan produk make-up palsu terus meningkat. Apalagi, banyak yang datang pada mereka, mengeluhkan soal kondisi kulit yang rusak dipicu oleh penggunaan kosmetik palsu. Para ahli Dermatologis pun telah memperingatkan make-up palsu dapat menyebabkan kerusakan kulit permanen.

Hasil dari tes uji laboratorium juga telah disebarkan, produk palsu yang dianggap berbahaya mulai dari lip gloss, eye shadow, eye liner, bedak, dan produk kosmetik wajah lainnya.

Dijual Murah

WNA Penjual Kosmetik Palsu Terjaring Razia

Produk palsu ini memang menarik minat pembeli karena dijual dengan harga murah. Tapi, zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya belum teruji.

Hati-hati juga produk palsu ini dikemas secara apik hampir identik dengan merek asli. Sebelumnya, produk make-up palsu berupa maskara dan eyeliner ditemukan mengandung bahan kimia cat. Sedangkan parfum palsu ditemukan mengandung air seni.

Petugas standar perdagangan Warwhick telah memperingatkan bahwa pembeli online juga berisiko tertipu produk palsu. Apalagi si penipu bersembunyi di balik situs internet untuk menjual barang-barang palsunya.

The Daily Mail menemukan beberapa situs yang menjual kosmetik dengan harga 80 persen lebih murah. Tapi waspadalah, produk dengan harga murah diyakini bukanlah produk asli.

Para konsumen pun disarankan hanya membeli produk make-up dari situs resmi atau dari toko agen resmi. Jangan lupa, saat membeli produk tersebut periksa kemasan dan nomor registrasi produk.

Ini Cara Mengetahui Kosmetik Palsu

Baca juga:

Bahan kosmetik berbahaya

Waspada Kosmetik Dibuat dari Bahan Berbahaya

Selain di pasar, kosmetik juga dijual secara online.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016