Wanita, Ini Empat Cara Cegah Rambut Rontok

Ilustrasi rambut rontok
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Rambut merupakan mahkota wanita. Banyak dari mereka yang rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan, agar mahkota mereka terlihat menawan. 

Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial

Namun, iklim tropis di Indonesia yang cenderung panas dan lembab, berkontribusi pada berbagai permasalahan rambut. Beberapa problem yang paling sering ditemui adalah masalah rambut rontok, kusam, dan berketombe. Imbasnya, rambut terlihat tipis dan lepek. 

Sebenarnya, hal tersebut bisa disiasati dengan perawatan teratur serta gaya hidup sehat. Berikut caranya, dilansir Times of India:

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Pola makan

Apa yang Anda konsumsi sangat memengaruhi kesehatan rambut. Bila Anda menjaga pola makan yang sehat, kemungkinan besar akan terhindari dari penipisan rambut. Pastikan nutrisi terpenuhi, terutama yang mengandung zat besi,  serta vitamin B dan E, seperti bayam serta kacang-kacangan.

Tips Mengajarkan Anak Merawat Rambut

Kurangi stres

Entah karena masalah pribadi atau pekerjaan, stres memang sulit dihindari. Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok dan menipis. Lawan stres dengan melakukan hal-hal baru atau hobi lama yang sudah jarang Anda lakukan. Anda juga bisa mendengarkan musik agar pikiran lebih rileks

Perawatan

Merawat rambut tidak kalah pentingnya. Cara mudahnya adalah jangan terlalu sering mengganti produk sampo dan kondisioner. Perawatan rambut yang tepat dapat membantu dalam mengurangi rambut rontok. Lakukan creambath atau hairspa dua kali seminggu untuk menjaga vitalitas rambut.

Topi

Bila Anda sering menghabiskan waktu di luar, sebaiknya biasakan untuk menutup rambut, dengan topi ataupun bandana. Ini untuk menghindari rambut terpapar sinar matahari, polusi dan debu yang dapat menyebabkan rambut rontok dan kusam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya