Cara Membuat Maskara Sendiri di Rumah

Maskara
Sumber :
VIVA.co.id
Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial
- Maskara adalah alat rias wajib yang harus dimiliki setiap wanita. Kegunaannya adalah, membuat bulu mata menjadi terlihat tebal dan lentik sehingga tampilan mata pun menjadi lebih indah.

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah
Namun, kebanyakan produk maskara yang dijual di pasaran mengandung zat kimia berbahaya, yang jika digunakan terus menerus akan menimbulkan efek samping.

Tips Cantik dalam Tujuh Hari untuk Calon Pengantin
Tak perlu khawatir karena maskara sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah. Tentu saja, maskara buatan rumah jauh lebih aman karena dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang tidak terlalu sulit untuk didapatkan.

Salah satu bahannya adalah beeswax, lilin alami yang diproduksi di dalam sarang lebah madu. Beeswax banyak digunakan oleh perusahaan kosmetik dan berguna untuk melembabkan kulit, sehingga sering dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan krim dan produk kosmetik lainnya.

Bahan lain yang wajib digunakan untuk membuat maskara adalah aloe vera. Baik beeswax dan aloe vera membuat maskara menjadi kental dan memberikan volume pada bulu mata Anda. 

Anda juga bisa menggunakan bubuk arang aktif untuk membuat maskara berwarna hitam dan bubuk kakao untuk maskara berwarna coklat. 

Setelah jadi, simpan maskara di dalam lemari es dan tutup tabung maskara hingga benar-benar rapat agar tidak mengering. Ganti tabung maskara dengan yang baru setelah enam bulan.

Jika Anda sudah mencatat hal-hal penting di atas, kini saatnya menyimak cara membuat maskara DIY (Do It Yourself). Simak daftar bahan dan langkah-langkahnya berikut ini, seperti dilansir dari Boldsky.

Bahan-bahan

-1 sdt beeswax
-2 sdm gel aloe vera
-1 sdm minyak kelapa atau alpukat
-1/2 sdt bubuk arang aktif (untuk maskara warna hitam)
-1/2 sdt bubuk kokoa (untuk maskara warna coklat)
-Tabung dan sikat maskara yang telah dibersihkan.

Cara membuat

1. Lelehkan beeswax dan minyak kelapa atau alpukat di bawah api kecil dan masukkan bahan-bahan lainnya. Aduk rata dengan menggunakan sendok.

2. Masukkan maskara yang telah jadi ke dalam tabung atau kontainer maskara yang telah dicuci bersih dan dikeringkan. Kocok tabung sebelum menggunakan maskara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya