Tujuh Kulit Sayuran Ini Bermanfaat Merawat Kulit

Kulit sehat. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVA.co.id - Untuk merawat kulit agar sehat dan indah, Anda bisa menggunakan bahan dari dapur, termasuk kulit sayuran. Sebab, ahli kulit menyatakan bahwa kulit sayuran mengandung nutrisi yang dapat merawat kulit Anda secara maksimal.

Sering Mandi Bisa Sebabkan Iritasi

Jadi,  saat Anda mengupas kulit kentang atau wortel, jangan dibuang dan simpanlah dalam wadah kedap udara. Kemudian cuci dengan air suam-suam kuku dan garam, lalu haluskan menjadi masker dan simpan di wadah kering.

Anda bisa mengapilikasikan masker tersebut ke wajah untuk merawat kulit Anda. Kulit sayuran sangat baik digunakan untuk mengobati noda di wajah, dan mencerahkan kulit. Berikut ini kulit sayuran yang dapat Anda gunakan untuk merawat kulit, seperti dilansir dari Boldsky.

Mentimun

Kulit mentimun membantu mengurangi noda hitam di kulit, selain membantu mengobati mata yang lelah dan sakit. Terapkan kulit mentimum yang dingin di wajah Anda selama 15 menit, lalu bilas.

Tomat

Kulit tomat bermanfaat untuk kulit, terutama di musim panas, karena mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat mencerahkan warna kulit Anda. Selain itu, juga akan menghilangkan noda di kulit.

Kentang

Kulit kentang mengandung vitamin C yang tinggi. Jika Anda menderita kulit bermasalah dan jerawat, pijat kulit kentang di atas area yang terinfeksi untuk mengeringkan jerawat, sekaligus menyingkirkan bekas luka.

Ubi jalar

Kulit ubi jalar bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuan, seperti keriput, lingkaran hitam dan mata bengkak. Caranya, pijat kulit ubi jalar langsung ke kulit dan biarkan hingga kering. Bilas wajah Anda setelah 10 menit dan ulangi perawatan ini setiap pekan.

Lemon

Lemon memiliki sifat sebagai pemutih alami yang dapat meredakan kulit terbakar sinar matahari dalam waktu kurang dari seminggu. Oleh karena itu, manfaatkan kulit lemon untuk memperbaiki warna kulit Anda.

Wortel

Olah kulit wortel menjadi masker dengan cara digiling hingga menghasilkan masker kental. Gunakan masker ini untuk wajah terutama di daerah yang kering. Vitamin C dalam kulit wortel akan menutrisi kulit Anda.

Pare

Pare selain baik untuk obat diabetes, juga untuk kulit, terutama untuk menyembuhkan jerawat dan bekas luka. Olah kulit pare menjadi masker dan tambahkan satu sendok makan madu, lalu terapkan masker ini pada jerawat untuk mengobatinya.

Ilustrasi luka

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Keadaan luka harus lembab atau moist, bukan basah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016