Tujuh Cara Jitu Hindari Uban di Usia Muda

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Wanita dan pria sudah pasti tidak ingin memiliki uban di rambutnya. Sebab, warna abu-abu atau putih di mahkota bisa membuat penampilan sedikit lebih tua dari usia sebenarnya, apalagi ketika masih muda. 

Saat ini, wanita atau pria yang baru barusia 20 tahunan sudah memiliki uban. Penyebabnya, terlepas dari faktor genetik, tekanan dan stres. Psikolog menyatakan bahwa uban pada generasi muda cenderung mendapat uban lebih cepat berkembang, karena lingkungan dan gaya hidup mereka.

Untuk menghindari tumbuhnya uban, ada cara alami yang dapat dilakukan dalam waktu singkat, seperti dikutip dari Boldsky berikut ini:

Lindungi rambut

Rambut membutuhkan banyak perlindungan di musim panas. Jika Anda keluar ruangan di siang hari, gunakan topi untuk melindungi rambut. Terlalu sering terkena sinar matahari akan membuat rambut menjadi abu-abu atau beruban.

Konsumsi makanan kaya vitamin B12

Jeruk, plum, dan alpukat adalah beberapa makanan yang kaya vitamin B12. Mengonsumsi makanan ini setiap hari dapat menjaga warnanya tetap hitam. Selain itu, juga dapat memperkuat batang dan akar rambut.

Minyaki rambut

Sebagian besar remaja enggan meminyaki rambut, sehingga membuat mereka mengalami masalah rambut, seperti penipisan dan uban. Mengaplikasikan minyak zaitun dan kelapa akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mempertahankan warna alami rambut Anda.

Gunakan henna

Henna tidak hanya melindungi rambut Anda dari warna putih, juga mencegah rambut beruban di masa mendatang. Jika Anda masih muda dan ingin mengatasi masalah rambut, mengaplikasi henna adalah sebuah keharusan.

Terapkan kondisioner

Dibanding menggunakan kondisioner berbahan kimia, sebaiknya gunakan kondisioner buatan sendiri. Dengan menggunakan kondisioner buatan sendiri, Anda dapat menyelamatkan rambut Anda dari uban di masa depan.

Pewarna alami

Teh dan kopi dianggap sebagai pewarna rambut alami, yang dapat membuat rambut Anda kembali ke warna aslinya. Caranya, rebus bubuk teh atau kopi dalam air dan seringlah cuci rambut Anda dengan pewarna ini untuk mewarnai rambut Anda.

Jus bawang

Perlu Anda tahu bahwa jus bawang adalah obat terbaik untuk rambut Anda. Selain dapat membuat akar rambut lebih kuat, juga mencegah rambut dari uban di masa depan dan menutupi uban yang muncul, sehingga menghilang secara bertahap.

Cegah Uban dengan Lima Makanan Ini

Berhenti Cabut Uban dan Ketahui Keistimewaannya

Uban akan menjadi cahaya di hari kiamat kelak.

img_title
VIVA.co.id
27 Januari 2016