Tips Awet Muda dari Dokter Kulit

Wanita muda
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Usia 20 tahun merupakan usia impian semua orang. Pada usia itu terjadi peralihan dari remaja menjadi orang dewasa, mulai bekerja dan mengenal kosmetik. Namun, tanda penuaan sebenarnya mulai muncul di usia ini, tanpa disadari.

Mau Awet Muda dan Hidup Lebih Lama? Lakukan Cara Ini

Setelah memasuki usia 30-an, tanda awal penuaan mulai sedikit terlihat, seperti garis senyum yang semakin dalam, ujung mata yang mulai menurun. Beberapa faktor ekstrinsik dari proses penuaan sebenarnya bisa dihindari, setidaknya meski menua, tetapi menua dengan cantik.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, dr. Susie Rendra,Sp.KK menjelaskan apa saja yang bisa dilakukan agar tetap terlihat muda.

Rutinitas Ini Bikin Wanita 59 Tahun Tetap Awet Muda

"Hindari atau kurangi paparan sinar matahari. Kalau berjemur, jangan sampai kulit cokelat. Pada orang bule, berkulit putih, penuaan lebih cepat, karena mereka sering tanning," kata dia, belum lama ini.

Selain itu, dia menyarankan, untuk cukup tidur selama 7 hingga 8 jam sehari. Sebab, dengan tidur cukup, hormon melatonin yang berperan dalam proses antipenuaan akan bekerja maksimal.

Drone Israel Berhasil Ditembak Jatuh, Pangkalan Militer Iran jadi Sasaran

"Jika tidur kurang, maka hormon ini rendah, sehingga mempercepat efek penuaan," ujar dia.

Selain itu, pola tidur juga tidak bisa digeser. Tidur yang benar adalah dimulai pukul 22.00 WIB dan paling malam pukul 24.00 WIB.

Kemudian yang penting diketahui lainnya adalah berhenti facial exercise atau senam wajah, karena semakin digerakkan akan semakin mudah timbul kerutan. Selain itu, konsumsi antioksidan, seperti vitamin, suplemen, obat minum untuk mencegah efek radikal bebas yang buruk bagi kulit.

"Dan juga lakukan perawatan kulit secara rutin. Daily routine skin care adalah cleanser, toner, moisturiser agar kulit lebih halus dan lembut, sunscreen," tutur Susie.

Dia menyarankan, tidak terlalu sering menggunakan toner karena mengandung alkohol yang dapat membuat kulit lebih kering. Toner dianjurkan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Sementara sunscreen seperti tabir surya atau sunblock diperlukan kalau aktivitas sering di luar ruangan.

Setiap sunscreen memiliki tingkat SPF masing-masing, seperti SPF 15 dan SPF 30. Dan semakin kecil SPF dalam tabir surya, perlindungan jadi lebih pendek dan harus sering diaplikasikan kembali.

"Misal SPF 15, itu akan melindungi selama kurang lebih 2 jam, sedangkan SPF 30 melindungi selama 4 hingga 5 jam. Ingat, gunakan sunscreen 30 menit sebelum terkena sinar matahari." 

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya