Temukan Astrigent Alami untuk Atasi Kulit Berminyak

Ilustrasi buah lemon
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kulit berminyak membutuhkan perhatian khusus, antara lain dengan memilih kosmetik yang tepat. Wajah berminyak juga harus rajin dibersihkan secara teratur, diikuti dengan penggunaan toner khusus untuk wajah berminyak.

7 Trik Jitu Kurangi Minyak di Wajah Sampai Tuntas

Salah memilih toner akan memperparah kondisi wajah berminyak Anda. Pada umumnya toner atau pembersih wajah memiliki campuran alkohol yang menyebabkan kulit menjadi kering. Pilihlah toner yang berbahan astringent, karena selain dapat mengangkat minyak, astringent juga membantu mengencangkan kulit sekaligus  mengecilkan pori-pori wajah.

Astringent juga terdapat dalam sayur dan buah. Menurut The Health Site, astringent adalah zat yang menyebabkan jaringan kulit berkontraksi atau mengerut.

Kertas Minyak Ternyata Enggak Bagus Buat Kulit

Astringent banyak terdapat dalam makanan asam seperti lemon, delima, ataupun beberapa jenis sayuran berwarna merah seperti tomat.

Beberapa jenis buah yang mengandung astrigent sering digunakan sebagai bahan baku produk kosmetik. Dalam produk kosmetik, astringent digunakan sebagai pengencang kulit, pengecil pori-pori, dan membuat lapisan pelindung kulit.

Yuk Datang ke Pond’s Men Presents +Boys Market No. 5

Mengatasi masalah kulit berminyak tanpa menyebabkan kulit menjadi kering tidaklah sulit, caranya dengan menggunakan astrigent alami. Berikut ini, beberapa jenis buah dan sayuran yang memiliki astrigent dan dapat digunakan secara langsung (secara topikal) pada wajah. Seperti dikutip dari laman Stylecraze.
 

Lemon

Air perasan jeruk lemon merupakan sumber asam sitrat dan astringen yang cukup kuat, sehingga mampu bekerja seperti zat pembersih bagi kulit berminyak. Selain itu, air perasan jeruk lemon juga memiliki sifat antiseptik yang dapat meringankan perubahan warna kulit sekaligus mengembalikan keseimbangan pH kulit.


Seledri

Seledri mengandung senyawa L-tryptophan yang berfungsi sebagai antioksidan alami, kandungan vitamin A, B1, B2, dan C yang berguna untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah. Seledri juga dapat mencegah peradangan akibat jerawat yang timbul karena kulit berminyak.


Tomat

Tomat memiliki kadar vitamin C yang tinggi untuk membantu mengatasi kulit berjerawat akibat kelebihan minyak. Kandungan asam-asam alami pada tomat juga dapat menyerap minyak berlebih pada wajah.


Mentimun

Mentimun juga sangat bermanfaat untuk kulit berminyak. Mentimun mengandung astringent, vitamin (A dan E), mineral, magnesium , dan kalium, yang baik untuk kulit berminyak. Selain itu, mentimun juga dapat digunakan untuk mengurangi bintik-bintik hitam dan pigmentasi kulit akibat sengatan matahari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya