Cara Sederhana agar Rambut Keriting Mudah Diatur

Wanita dengan rambut keriting
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Merawat rambut ikal agar tampak memesona merupakan hal yang susah-susah gampang. Sebab, bila Anda tidak memerhatikan hal ini bukan tidak mungkin rambut keriting mengakibatkan kering dan rambut terlihat kusut.

Selain itu, salah satu kesulitan yang sering dialami oleh mereka yang memiliki rambut ikal alami adalah tekstur yang sulit diatur dan sering tampak mengembang. Apalagi bila Anda bangun tidur, sering sekali para wanita mengeluhkan rambutnya terlihat mengembang tak beraturan.

Untuk berbagai masalah tersebut Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa trik singkat dan mudah merawat rambut ikal secara alami, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Toner biji rami

Menerapkan biji rami tak hanya menjaga kelembaban alami rambut tapi juga mengatasi rambut mengembang. Untuk menerapkannya, Anda hanya dapat menyiapkan  setengah cangkir biji rami dengan seperempat cangkir air, kemudian rebus.

Setelah mendidih, tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk menambahkan aroma. Biarkan larutan disimpan dalam botol semprot dan pada suhu kamar yang sejuk.

Gunakan pada saat rambut dalam keadaan basah. Ambil beberapa tetes di telapak tangan Anda dan terapkan pada seluruh ujung atau batang rambut.

Sampo cuka sari apel

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk rambut Anda adalah merawatnya dengan menggunakan alternatif lain yakni bahan herbal yang bebas sulfat. Dan cuka sari apel, merupakan salah satu bahan yang direkomendasikan karena memiliki tingkat pH yang dekat dengan pH alami rambut Anda.

Campur setengah cangkir cuka sari apel dengan jumlah yang sama dengan air dan bilas rambut Anda hingga bersih. Cara ini akan mengatasi masalah kulit kepala Anda yang tampak mengeras.

Masker mayones

Mayones dapat menjaga kelembapan rambut keriting Anda. Selain itu, mayones juga dapat membawa rambut ikal Anda kembali lebih diatur dan mudah di styling.

Caranya, basahi rambut Anda dan terapkan dari akar hingga ujung rambut, sambil pijat kulit kepala Anda. Kemudian biarkan selama 20 menit dan kemudian cuci hingga bersih menggunakan sampo ringan.

Keringkan rambut dengan kaus bahan katun

Setelah Anda selesai membersihkan rambut oleskan kondisioner pada ujung-ujung rambut Anda dan bilas. Setelah itu, bungkus rambut Anda dengan wadah yang lembut seperti kaus katun. Bahan ini sangat ampuh untuk mengernyitkan rambut dan membuang kelebihan air.

Hindari menyentuh rambut

Hindari untuk menyentuh rambut ikal Anda karena tidak akan hanya mengganggu aliran alami ikal, tetapi juga menyebabkan minyak dan kotoran menempel pada rambut yang membuatnya menjadi lemas.

Gunakan rol rambu

Untuk memberikan rambut ikal  memiliki volume ekstra, cobalah menggunakan rol rambut atau pin. Lakukan teknik ini untuk seluruh rambut Anda. Setelah rambut Anda mengering, lepaskan rol tersebut maka Anda akan mendapatkan rambut ikal yang menarik.

Kenali jenis rambut

Langkah pertama untuk merawat rambut Anda adalah mengetahui jenis rambut keriting Anda. Tentukan apakah keriting Anda jatuh dalam kategori rambut bergelombang, rambut keriting ekstra atau rambut digulung, dan pilih produk perawatan rambut yang sesuai.

Tujuh Manfaat Minyak Wijen untuk Rambut

(mus)

Wanita dengan rambut keriting

Tips Jitu Merawat Rambut Keriting

Dibutuhkan perawatan yang mengandung pro-keratine dan hydrolized.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016