Enam Tips Keramas yang Benar

Ilustrasi keramas atau mandi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Keramas adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan helai rambut. Cuci, sampo, bilas adalah cara umum yang dilakukan saat keramas.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Namun ternyata, ada hal-hal lain yang semestinya dilakukan sebelum, saat dan sesudah keramas. Berikut tips keramas dikutip dari The Outfit agar rambut tidak mengalami kerusakan.

Menyisir rambut

Menantikan Gatotkaca Lounge, Bakal Ada Kompetisi Mabar Seru

Sebelum keramas, ada baiknya untuk menyisir rambut terlebih dahulu. Menyisir rambut sebelum keramat akan mengurangi rambut kusut saat basah. Cara ini juga berguna untuk mencegah rambut patah.

Pemakaian sampo

Tampil Percaya Diri, Ini 5 Tips Merawat Rambut Keriting

Anda tidak harus menumpuk rambut di bagian atas kepala untuk diberi sampo. Hal ini akan membuat rambut kusut dan retak. Usap sampo di telapak tangan sebelum mengaplikasikannya ke kepala. Pijat-pijat kecil kulit kepala untuk membersihkan minyak dan kotoran baru merambah hingga ke ujung rambut.

Gunakan kondisioner

Tak peduli seberapa berminyak atau halus rambut Anda, jangan lupakan kondisioner. Sampo juga bersifat abrasif dan kondisioner berguna untuk menghidrasi dan membantu membuat rambut tidak kusut. Jika tidak menggunakan kondisioner, rambut akan kusut dan susah disisir sehingga akan menyebabkan rambut rusak.

Pemilihan sampo

Jangan pilih sampo hanya karena aroma. Perhatikan komposisi sampo yang digunakan. Gunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

Jangan gunakan air panas 

Menggunakan air panas akan merusak lapisan rambut. Kerusakan lapisan rambut akan menyebabkan rambut kehilangan warna alami lebih cepat dan membuatnya kaku. Air dingin baik untuk lapisan rambut dan membuat rambut terlihat berkilau dan tidak kaku.

Menyisir

Hindari menyisir saat rambut basah. Rambut bisa memanjang hingga 50 persen dari ukuran aslinya saat basah. Itu artinya, rambut dalam keadaan tipis dan mudah patah. Jika ingin menyisir rambut dalam keadaan basah, gunakan sisir khusus, mulai menyisir dari bagian terbawah.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya