Cara Membedakan Parfum Palsu dan Asli

Ilustrasi parfum
Sumber :
  • REUTERS/Fabrizio Bensch/Files

VIVA.co.id – Memakai wewangian sudah menjadi kebiasaan oleh sebagian besar orang. Beberapa memilih parfum bermerek untuk kualitas dan wangi yang tahan lama, beberapa lain memilih parfum bermerek untuk kesenangan atau hobi. 

BPOM Ungkap Bahaya Parfum Palsu bagi Pemakainya

Namun, mereka yang mengaku hobi mengoleksi parfum bermerek tidak sadar apakah barang yang mereka beli adalah produk asli atau palsu. Lalu, bagaimana cara melihat keaslian parfum? Berikut caranya dilansir dari laman India Times.

Warna

Terungkap Modus Produksi dan Penyebaran Parfum Palsu

Warna dari parfum asli biasanya pucat dan cenderung tidak berwarna, sedangkan parfum palsu memiliki warna lebih pekat dari warna parfum asli.

Tekstur botol

Parfum Palsu Diedarkan di 9 Provinsi, di Mana Saja?

Botol parfum palsu biasanya memiliki tekstur kaca yang lebih kasar ketimbang yang asli. Penyemprot lebih lentur, sedangkan yang asli biasanya akan sedikit tersendat bahkan longgar.

Nomor seri 

Hal ini memang tidak bisa dilakukan karena Anda tidak bisa membuka boks parfum. Namun, jika Anda mendapati nomor seri pada kemasan dan botol berbeda, maka tidak diragukan lagi produk yang Anda beli adalah produk palsu.

Plastik pembungkus

Bungkus plastik pada parfum juga bisa membedakan produk asli dan palsu. Jika terlihat tidak rapi, longgar bisa jadi produk yang Anda beli adalah palsu.

Kemasan dalam

Kemasan bagian dalam parfum seharusnya berwarna putih polos dan terdapat karton pengaman agar botol parfum tidak pecah.

Cek situs resmi dan hindari belanja online

Gali informasi produk melalui situs resmi produsen parfum tersebut. Selain itu, hindari membeli parfum secara online karena tidak ada yang bisa menjamin apakah produk yang Anda beli adalah asli.

Diskon

Perlu diingat, produsen barang asli tidak pernah memberi diskon besar saat memasarkan produknya.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya