Selamat Tinggal Ketiak Basah dan Bau

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay/Adina Voicu

VIVA.co.id – Aroma tak sedap yang berasal dari ketiak, tentu akan sangat menganggu. Tak jarang, mereka yang mengalami masalah bau ketiak, sering merasa tak percaya diri. Apalagi jika ditambah dengan masalah ketiak basah yang seringkali membuat pakaian, khususnya di bagian ketiak terlihat basah.

Fuji Pernah Insecure Lantaran Warna Kulit, Sampai Tak Mau Lakukan Hal Ini

Masalah ini, seringkali dikeluhkan. Bahkan dilansir laman Boldsky, tiga dari lima orang memiliki aktivitas kelenjar keringat yang hiperaktif sehingga menyebabkan ketiak menjadi basah dan berbau.

Berbagai jenis doedoran pun hadir untuk mengatasi masalah tersebut secara instan, namun ini hanya bertahan untuk sementara waktu saja. Jika Anda butuh perawatan dengan hasil yang lebih tahan lama, akan lebih baik, menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini tips mengatasi masalah ketiak basah dan bau secara alami untuk Anda.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Cuka apel

Cuka apel diyakini mampu mengembalikan kadar pH atau keasaman kulit ke level normal sehingga jumlah bakteri yang berkembang menjadi berkurang.

Ayu Ting Ting Jadi Sorotan Gara-gara Ketiak

Cukup celupkan kapas ke cuka apel lalu usapkan pada ketiak. Gunakan malam hari sebelum tidur, bilas di pagi hari.

Garam laut

Mineral dalam garam laut bekerja untuk membasmi kotoran dalam kulit, membuka pori-pori dan mengurangi produksi keringat. Ingat, gunakan garam laut asli, bukan garam tambang.

Mandilah dengan air yang sudah dicampur dengan satu sendok  makan garam laut dan beberapa tetes minyak essential oil. Gunakan setiap hari hingga bau ketiak hilang.

Tomat

Tomat kaya akan antioksidan yang bisa mengeluarkan racun dan kotoran pada kulit, mengurangi produksi keringat dan mengurangi bau ketiak.

Ambil satu sendok makan sari tomat, gosokkan pada ketiak dan diamkan selama lima menit. Bilas hingga bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang ampuh melawan bakteri penyebab bau ketiak. Ambil satu sendok makan minyak kelapa lalu campur dengan kapur barus. Oleskan pada bagian yang berkeringat untuk mengontrol bau.

Air Kentang

Kentang juga mengandung anti bakteri yang bisa mengatur aroma tubuh. Ambil dua potongan tipis kentang lalu gosokkan pada ketiak. Diamkan selama 15 menit lalu bilas. Lakukan metode ini setiap hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya