Lima Kesalahan Perawatan Rambut yang Memicu Kebotakan

Ilustrasi rambut
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Kelly

VIVA.co.id – Setiap wanita pasti akan merasa ketakutan membayangkan rambutnya menjadi botak. Itu sebabnya, banyak yang akhirnya melakukan perawatan rambutnya secara rutin. Padahal, kebiasaan perawatan rambut yang terlalu sering justru malah merusak rambut.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Meski tidak berlaku pada semua wanita, namun beberapa orang yang menata rambut secara berlebihan juga dapat membuatnya rontok.

Dikutip dari laman The Sun, Dr Raghu Reddy dari The Prvate Clinic di London, Inggris, mengatakan jika berlebihan menata rambut dengan penggunaan hair extension dapat membuat rambut rontok.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

"Kedua hal itu dapat menyebabkan kerusakan permanen dan kami melihat ada peningkatan jumlah wanita yang mengalami hal ini," kata Dr Reddy.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam perawatan rambut yang disarankan oleh Dr Reddy.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Hair extension

Penataan rambut dengan hair extension telah lama populer di kalangan selebriti. Tentu saja banyak penggemar mereka yang mengikuti. Masalahnya adalah hair extension sangat berat dan dapat membuat akar rambut melemah. Lem yang digunakan juga biasanya ditempelkan di akar rambut sehingga membuat nutrisi tidak masuk secara sempurna, sehingga menyebabkan kebotakan.

Ilustrasi Hair Extension

Air panas

Mandi dengan air panas setelah lelah bekerja seharian memang dapat membuat tubuh rileks tubuh, namun jika Anda tidak berhati-hati, air hangat yang digunakan ini bisa membuat rambut rontok.Selain itu, air panas dapat membuat rambut Anda stres dan memudarkan warna alaminya lebih cepat.

Pelurus rambut

Penggunaan pelurus atau pengeriting rambut dapat membuat kekuatan rambut berkurang, hal ini dapat menyebabkan rambut rontok dan tipis. Sebaiknya, pelurus dan pengeriting rambut tidak digunakan terlalu sering.

Alat pelurus rambut

Pewarna rambut

Penggunaan bahan kimia dalam pewarna rambut dapat mengubah pigmen rambut Anda. Inilah yang menjadi penyebab cepatnya timbulnya uban.

Klorin

Air yang berklorin juga dapat merusak rambut, membuatnya melemah dan rentan rontok. Terutama bagi rambut yang dibleaching atau rambut yang melewati proses pemutihan rambut sebelum diwarnai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya