Bahan-bahan Dapur Ini Mampu Bikin Kuku Berkilau

Kuku sehat
Sumber :
  • Pixabay/Kropekk_pl

VIVA.co.id – Seperti halnya rambut dan kulit, kuku pun juga membutuhkan perawatan. Kuku yang tidak bersih bisa menjadi sarang bakteri dan masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, penggunaan produk perawatan kuku berlebihan juga dapat menyebabkan kuku menjadi rusak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kuku tetap terjaga dengan baik.

Bahaya Gelombang ke-3 COVID-19, Kolesterol Tinggi Terlihat dari Kuku

Merawat kuku agar sehat dan berkilau tidak melulu harus dilakukan di salon. Anda pun bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan bahan yang ada di dapur, tanpa bahan kimia sedikitpun. Berikut beberapa di antaranya dilansir laman Boldsky.

Minyak kelapa

Tanda Kolesterol Tinggi dan Jantung Bisa Terlihat dari Kuku

Pijat kuku Anda dengan minyak kelapa hangat. Minyak ini mampu menstimulasi peredaran darah ke dalam kuku dan membuatnya sehat. Tak hanya itu, penggunaan minyak kelapa juga mampu melembutkan kutikula kuku.

Minyak almond

Makanan Bikin Glowing Versi Zaidul Akbar, Kuku Berubah Tanda COVID-19

Campur satu sendok teh minyak almond dan air lemon dan rendam kuku dalam campuran tersebut selama beberapa saat. Minyak almond memiliki antioksidan dan nutrisi yang bisa membuat kuku menjadi kuat.

Ilustrasi kacang almond

Garam laut

Campurkan semangkuk air dengan garam laut dan rendam kuku selama beberapa menit. Lakukan cara ini dua kali seminggu. Cara ini bermanfaat untuk mengingkatkan pertumbuhan kuku secara alami.

Kulit telur

Salah satu bahan terbaik untuk mendapatkan kuku yang sehat adalah kulit telur. Kadar kalsium, zat besi, protein dan mineral yang tinggi mampu melindungi kuku dari kerusakan. Haluskan kulit telur bersama dengan almond, kemiri dan flax seed. Campur satu sendok teh kesatuan bubuk tersebut dengan susu hangat dan rasakan manfaatnya.

Bawang putih

Bawang putih mampu menstimulasi pertumbuhan kuku dan melindunginya dari infeksi. Potong menjadi dua bagian satu buah bawang putih lalu gosokkan pada kuku. Atau Anda bisa menghaluskan beberapa butir bawang putih dan lekatkan ada kuku selama lima menit. Lihat perbedaannya setelah pemakaian beberapa minggu.

Cuka apel

Campur satu sendok makan cuka apel pada semanguk air hangat. Celupkan kapas lalu oleskan pada kuku. Kandungan asam alpha-hydroxy dan asam asetat pada cuka apel akan membantu melembapkan kuku dan membuatnya menjadi lebih kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya