Tips Mudah Membersihkan Perhiasan Emas dan Perak

Ilustrasi perhiasan
Sumber :
  • Pixabay/Hannah Alkadi

VIVA.co.id – Perhiasan merupakan bagian tak terpisahkan dari wanita. Sama seperti tubuh, perhiasan juga perlu pemeliharaan dan perawatan.

Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Emas Usai Dipakai Lebaran

Namun perhiasan emas dan perak membutuhkan beberapa pemeliharaan khusus. Itu karena polusi dan debu di lingkungan, berpotensi membuat emas dan perak menjadi kotor.

Meskipun tidak berdebu, setelah menggunakan perhiasan dalam jangka waktu lama, perhiasan cenderung kehilangan kilaunya. Untuk mengembalikan kilau perhiasan emas dan perak, berikut ini beberapa tips mudah untuk membersihkannya, seperti dilansir dari Boldsky.

Heboh! Cerita TKW Asal Madura Harus Bayar Pajak Ratusan Juta Usai Bawa Emas 3 Kg ke Indonesia

Sabun pencuci piring

Menggunakan bubuk atau cairan pencuci piring adalah cara penting dan kuat yang dapat membersihkan perhiasan emas. Ambil mangkuk dan isi dengan air hangat kuku, kemudian tambahkan beberapa bubuk atau cairan pencuci piring dan rendam emas dalam larutan ini sebentar.

Filda Nuha Filyaar, Siswi MAN 1 Yogyakarta Peraih Perak di Festival Sains Internasional di Tunisia

Kemudian ambil sikat gigi dan sikat bagian tepi untuk membersihkan kotoran. Setelah itu, rendam perhiasan di air bersih dan lap dengan kain bersih dan lembut.

Pasta gigi

Anda dapat mengambil sedikit pasta gigi dan menerapkannya pada perhiasan. Gosok perhiasan dengan menggunakan sikat gigi bekas pada bagian tepi dan sudutnya.

Gunakan pasta gigi yang lembut untuk membantu menghilangkan kotoran tanpa membuat emas kehilangan kilaunya. Kemudian, rendam perhiasan di air hangat selama 5 menit dan lap dengan kain lembut.

Amonia

Ambil beberapa bubuk amonia bubuk campur dengan air hangat. Kemudian rendam perhiasan emas Anda dalam larutan ini sekitar dua menit.

Bersihkan tepi dan sudut menggunakan kuas dan cuci dengan air bersih. Amonia membantu membersihkan perhiasan emas dengan mudah, tapi pastikan perhiasan tidak memiliki mutiara atau permata.

 

What's your favorite item from {stargazejewelry.com} let us know & we may just surprise you in your DMs ????????????

A photo posted by STARGAZE JEWELRY (@stargazejewelry) on

Garam mandi

Garam mandi sangat baik untuk mencuci perhiasan perak Anda. Ambil air panas dan tambahkan garam, lalu rendam semua perhiasan perak dalam larutan ini dan diamkan beberapa saat.

Ambil kuas dan bersihkan sudut-sudut perhiasan dan cuci sekali lagi dengan air bersih. Ini adalah salah satu cara yang murah, cepat dan baik untuk membersihkan perhiasan perak.

Pembersih perak

Ini membantu menghilangkan noda yang paling sulit di perhiasan dan juga dapat menghilangkan kotoran. Ambil pembersih perak dan oleskan pada perhiasan.

Setelah itu, bersihkan dengan kain dan bilas dengan air dingin. Pastikan jangan menggunakan terlalu banyak pembersih, karena bisa merusak warnanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya