Desainer Luar Negeri Ini Kepincut Kain Indonesia

Desainer asal Jepang, Steven Tach.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Pesona kain Tanah Air memang luar biasa. Mereka yang tidak berasal dari Indonesia pun mengagumi keindahannya.

Jarum Hijau Pamer Kain Tenun NTB, Busananya Bak Artis Hollywood Liburan!

Steven Tach salah satunya. Ia adalah desainer asal Jepang yang sangat menyukai kain tradisional Indonesia. Baginya, kain Indonesia sangat unik dan memiliki kekhasan masing-masing. Koleksi busana rancangannya dengan menggunakan kain Nusantara pun sudah pernah ia pamerkan pada gelaran Indonesia Fashion Week 2015 lalu.

“Semua kainnya dibuat dengan tangan, baik itu tenun, songket dan setiap kain memiliki sejarah dan budaya masing-masing. Saya masih mempelajarinya," kata Steven pada VIVA.co.id saat ditemui di butik Fashunica di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Desember 2016.

Monique Hardjoko, Perjuangkan Kain Tradisional agar Dicintai Anak Muda

Ia mengaku sebagai warga asing sangat jatuh cinta pada kekayaan budaya dan tradisi Indonesia. Ia sangat ingin ikut memperkenalkan apa yang ia tahu tentang Indonesia, terutama di bidang fesyen pada khalayak luas.

"Saya tidak hanya cinta Indonesia, tetapi tradisi dan budayanya juga. Saya ingin mengangkatnya dalam karya saya dengan teknik yang modern, memadukan gaya tradisional dan modern," kata dia.

Hari Keempat, JFW 2020 Diwarnai Berbagai Kain Indonesia

Steven bahkan belajar membatik dan membuat motifnya sendiri dalam kain yang ia gunakan. Inspirasi dalam membatik pun diakuinya didapat dari lingkungan sekitar.

"Saya terinpirasi dari alam dan saya selalu menggunakan garis organik dengan potongan yang longgar," ujarnya.

Tips Padu Padan, Outfit Lebaran dan Bukber Ala Dian Pelangi Pakai Songket

Dian Pelangi memasukkan songket Palembang ke dalam kreasinya, menampilkan keindahan kain tradisional ini dalam konteks modern.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024