Seberapa Sering Anda Seharusnya Mencuci Bra?

Bra
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA.co.id – Jika Anda telah mengenakan bra selama beberapa kali dalam sepekan tanpa mencucinya, maka sudah saatnya Anda kembali menilai rutinitas mencuci bra. Jika sebagian besar wanita mengaku suka menunda mencuci bra, ahli di Marks & Spencer mengatakan, harus menempatkan bra di keranjang cucian setelah memakainya sekali.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Menunda mencuci bra berpotensi menumpuk bakteri dalam bra, yang dapat menyebabkan jerawat di bagian punggung dan bahu serta noda di bra. "Sebaiknya mencuci bra setelah setiap kali pakai," kata juru bicara department pakaian wanita dan lingerie Marks & Spencer, seperti dikutip dari Daily Mail.

Sementara ahli kebersihan Jolie Kerr tidak terlalu ketat mengenai aturan mencuci bra. Menurut dia, bra setidaknya harus dicuci setelah tiga kali pakai atau paling banyak enam kali.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Kotoran, minyak, keringat dan bakteri akan melekat dan tumbuh di bra jika terlalu sering dikenakan. Dia memperingatkan untuk tidak mengenakan bra selama tiga hari berturut-turut dan menggantinya dengan lingerie.

Saat mencuci, dia merekomendasikan mesin cuci dengan siklus halus pada suhu rendah. Senada dengannya, ahli kesehatan Dr Lisa Ackerley menyarankan mencuci bra setiap beberapa hari untuk menghilangkan bau keringat dan minyak.

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

Dia menuturkan, keringat di bawah tali bra bisa menyebabkan jerawat dan keringat yang menempel di bra bisa menimbulkan bau tak sedap. Menurut dia, perlakuan pada bra tergantung pada gaya hidup dan aktivitas Anda.

"Tetapi mengganti bra Anda setiap hari adalah aturan yang baik," ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa bra harus dipisahkan dari kaus kaki dan pakaian lainnya ketika mencucinya dengan mesin cuci. Itu karena bra memiliki bahan halus yang harus dicuci pada suhu rendah.

Namun pada suhu rendah, kuman atau bakteri akan sulit mati. Karena itu, dia merekomendasikan pembersih laundry, selain bubuk cuci biasa serta pelembut untuk membantu membunuh kuman dan setelah dicuci disarankan tidak meletakkan bra di mesin pengering.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya