Desainer, Ini Tips Untuk Mengembangkan Fesyen Tanah Air

Sonny Muchlison, Kritikus Mode
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Guna memajukan industri fesyen Tanah Air, setidaknya dibutuhkan usaha yang yang tidak sedikit. Perlu banyak peran guna membuka jalan demi mewujudkan hal tersebut, khususnya bagi para desainer.

Dari Fesyen hingga Kuliner, Trademark Market Jadi Panggung Multisektor Industri Kreatif

Selain merancang baju yang indah, para desainer juga dituntut untuk menciptakan busana yang dapat mengangkat negaranya sendiri. Kecenderungan tersebut tak pelak membuat para desainer mengikuti selera pasar yang sedang berkembang.

Padahal, menurut desainer sekaligus pemerhati model Sonny Muchlison desainer yang benar seharusnya menciptakan tren bukan mengikuti pasar. Sebab hal tersebut dapat membuat industri fesyen berjalan di tempat.

Peragaan Busana Kolaborasi Antara CCI dan Desainer Indonesia Jadi Sorotan di Cotton Day 2023

"Demi memajukkan industri fesyen tanah air, harus dimulai dari perancangnya. Mereka harus menentukan tren fesyennya sendiri dan bukan mengikuti selera pasar, karena saya rasa itu akan jalan di tempat saja dan tidak berkembang," ujar Sonny kepada VIVA.co.id.

Tidak hanya itu, para desainer sebaiknya harus memberanikan diri keluar dari zona nyaman. Sebab sesungguhnya eksistensi desainer adalah menuntun masyarakat agar berubah dan lebih memerhatikan gaya busananya.

Jualan Online, Produk UMKM Ini Berani Diadu dengan Buatan Impor

"Sebetulnya tren yang diciptakan adalah ajakan positif dari para desainer. Desainer dituntut selera busananya masyarakat lebih beragam dan berubah," kata dia.

(ren)
 

Gurun Atacama, Chili

Mengenal Gurun Atacama, Tempat Pembuangan Pakaian Gak Laku

Gurun Atacama, Chili dikenal sebagai tempat terkering di dunia. Namun, jarang yang mengetahui bahwa tempat ini dijadikan sebagai pembuangan akhir pakaian yang tidak laku.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024