Cara Terbaik Merawat Busana Motif Bordir

Rok kulit bordir
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Menjaga dan merawat busana bordir ternyata susah-susah gampang. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya agar baju tidak mudah rusak.

Bordir Ambun Suri Mendunia Setelah Dilumat Krisis Moneter

Desainer kenamaan Itang Yunasz mengatakan bahwa baju bordir di atas bahan katun dapat dengan mudah kusut. Sedangkan baju bordir di atas bahan polyster, tingkat kekusutannya sangat minim.

Untuk perawatan baju berbodir, Anda dapat melakukan dry clean atau mencuci dengan cara manual. Gunakan deterjen berbahan khusus yang mengandung pelembut pakaian.

Statistik Mengerikan Harry Kane Lawan Arsenal

"Perawatan busana motif bordir bisa dengan dry clean atau manual," ujar Itang kepada VIVA.co.id.

Sementara bila Anda mencuci sendiri, dia menyarankan, sebaiknya cuci saja bagian ketiak dan leher. Hindari mengucek secara berlebih dan lakukan penjemuran di tempat teduh.

Haru! Ayah Babe Cabita Ungkap Detik-detik Terakhir Sang Komedian Sebelum Meninggal

Setelah mengering, Anda bisa menyetrikanya, baik dengan setrika uap atau setrika konvensional. Setelahnya, bungkus busana berbordir dengan plastik, lalu gantungkan di lemari.

Dia menuturkan, untuk menghindari melipat busana berbahan bordir karena dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Tidak hanya itu, melipat juga dapat merusak keindahan bordir pada busana Anda.

"Jangan pernah melihat busana berbordir karena dapat merusak keindahannya," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya