Akupuntur dan Totok Wajah, Lebih Cepat Mana Kencangkan Kulit

Totok Wajah di Salon Kecantikan Dian Kenanga
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Belakangan ini banyak sekali metode perawatan wajah nonbedah untuk meremajakan kulit. Misalnya akupuntur dan totok wajah. Kedua metode ini disebut-sebut menjadi metode perawatan yang cukup digemari di beberapa rumah perawatan kecantikan.

Wajib Coba, 4 Langkah Mudah Totok Wajah Atasi Mata Lelah

Meski demikian, banyak yang belum memahami perbedaan hasil terapi dengan metode totok wajah dan akupuntur.

Menurut dokter Inayah Budiastri, MS, SpGK dari Klinik Hang Lekiu, dari kedua perawatan tersebut memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh. Seperti diketahui untuk akupuntur menggunakan media jarum, sedangkan totok wajah menggunakan keterampilan jari jemari.

Bahaya Stroke di Balik Totok Wajah

"Perbedaan akupuntur dengan metode totok wajah adalah dari perilakunya. Kalau akupuntur itu menggunakan jarum sedangkan kalau totok wajah menggunakan teknik jari jemari, itu salah satunya," ujar dr Inayah kepada VIVA.co.id.

Inayah menuturkan bahwa perbedaan lainnya bahwa totok wajah sama sekali tidak memasukkan benda apapun pada bagian kulit hanya menggunakan minyak esensial. Kemudian dari sensasinya pun jelas berbeda bila akupuntur tentunya akan terasa nyeri saat dimasukkan jarum sedangkan totok wajah akan menimbulkan ketenangan dan relaksasi.

Dua Tahun Terapi Lebah, Wanita Tiba-tiba Tewas Gagal Organ

Kendati memiliki manfaat yang sama yakni untuk meremajakan kulit, namun  untuk ritme tindakannya diperlukan beberapa agar terlihat hasilnya. Sementara untuk akupuntur bisa terlihat dengan sekali tindakan.

"Untuk hasilnya sama-sama memiliki manfaat untuk meremajakan kulit, mengencangkan dan memberikan relaksasi. Namun perbedaannya yakni dari ritme tindakan kalau totok bisa beberapa kali sementara akupuntur bisa sekali tindakan terlihat," ujarnya.

Ilustrasi kecantikan.

Totok Bisa Tingkatkan Imunitas, Begini Caranya

Kamu bisa melakukan totok sendiri di rumah.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2020