Kondisioner Sebaiknya Dipakai Sebelum atau Setelah Sampo?

Sampo dan kondisioner
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mencuci rambut adalah bagian dari rutinitas kebersihan dan keindahan. Dan kebanyakan orang melakukannya hampir setiap hari.

Rambut Capek Sering Bikin Mood Jelek? Yuk Cek Ciri-cirinya!

Sementara Anda biasanya melakukan proses dua langkah, yakni mencuci rambut dengan sampo untuk membersihkan rambut, menghilangkan kotoran dan minyak. Setelahnya, menerapkan kondisioner untuk menghaluskan dan mencegah rambut menjadi kusut.

Penggunaan sampo dan kondisioner pun bervariasi, tergantung tekstur rambut. Jika Anda memiliki rambut halus, pemakaian kondisioner lebih sedikit, bahkan tidak perlu. Jika rambut Anda kaku, kering dan kasar dibutuhkan lebih dari sampo. Kondisioner sangat disarankan untuk mengatasi masalah rambut Anda.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Namun peneliti di Unilever menyarankan untuk membalik urutan perawatan rambut tersebut, yang sudah biasa Anda lakukan dari sebelumnya, sampo lalu kondisioner, kini dibalik menjadi kondisioner, kemudian sampo.

Menurut mereka, seperti dilansir dari Real Simple, dengan membalikkan urutan tersebut akan membuat rambut menjadi lebih lembut, mudah diatur, dan bersih dari biasanya. Kondisioner akan membantu memperkuat lapisan pelindung alami selama mencuci rambut hingga membuat rambut menjadi halus. Sementara sampo membersihkan kotoran dan sisa kondisioner, sehingga rambut terasa lebih ringan dan tak terbebani. 

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Jika cara ini terdengar aneh, itu normal. Sebab, Anda sudah menggunakan kondisioner setelah sampo selama bertahun-tahun. Tapi tidak ada salahnya Anda mencobanya dengan mengaplikasikan dengan urutan terbalik. Namun metode tersebut akan bekerja lebih baik bila menggunakan produk-produk yang diformulasikan secara khusus dengan cara ini. (hd)




 

Loreal Brandstorm 2024

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

3 mahasiswi dari ITB yakni Clara Sinaga, Priscilla A. Napitupulu dan Saskia Febriend, menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut non invasif

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024