Bahaya Memakai Lemon Terlalu Sering untuk Kulit

Buah lemon.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak orang yang beralih memakai bahan alami dalam rutinitas kecantikannya. Sebab, bahan alami dianggap memiliki kandungan yang lebih aman dibanding memakai bahan kimia.

Sehatkan Jantung hingga Atasi Bau Mulut, Ini Sederet Manfaat Lemon

Beberapa bahan alami digunakan untuk masker hingga scrub tubuh dan perawatan kulit lainnya. Namun bahan alami yang sebaiknya diterapkan secara hati-hati jika digunakan terlalu sering adalah lemon.

Banyak yang beralih menggunakan lemon untuk menghilangkan bintik dan noda hitam serta pengelupasan meski akan terasa perih. Perlu diketahui bahwa lemon memiliki pH sangat rendah, sehingga bersifat asam.

Atasi Komedo Bandel Hanya dengan Buah Lemon

Asam yang dikandungnya justru dapat lebih merusak daripada memberi manfaat mengobati. Facialist selebriti dan pendiri Joanna Vargas Salon dan Skin Care Collection, Joanna Vargas mengatakan bahwa lemon dapat meratakan pigmen dalam beberapa level, tapi tidak merekomendasikan menggunakannya sebagai pembersih atau toner.

"Digunakan terlalu sering akan berisiko membuat kulit Anda merah karena sangat asam," katanya, seperti dilansir dari Pop Sugar.

Cara Mudah Pangkas Lemak Dagu dengan Jus Lemon

Selain itu, juga dapat mengiritasi kulit Anda, itu bisa menyebabkan masalah yang disebut phytophotodermatitis. Lemon mengandung senyawa photosensitizing yang bereaksi saat terkena sinar matahari, membuat kulit sangat sensitif terhadap UV.

Hal itu pada akhirnya dapat menyebabkan hiperpigmentasi hingga lecet dan luka bakar kimia, yang membutuhkan beberapa bulan untuk menyembuhkan. Sebagai gantinya, pilih formula yang mengandung sitrat atau asam askorbat atau dikenal sebagai vitamin C. (ren)

Ilustrasi buah lemon.

Air Perasan Lemon Ampuh Cegah Bau Mulut

Di balik warnanya yang cerah, rupanya buah lemon memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya menghilangkan bau mulut tak sedap.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021