Rambut Sering Lepek? Ini Trik Mengatasinya

Ilustrasi rambut
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Beberapa orang sering kali mengalami masalah setelah mencuci rambutnya. Hal tersebut biasanya disebabkan karena salah dalam pemilihan sampo dan penerapannya.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Ketika mencuci rambut sebaiknya perhatikan juga jenis rambut dan kondisi kulit kepala. Kemudian, setelahnya Anda bisa memilih sampo yang tepat sesuai kebutuhan.

Menurut Vivi Tri Andari selaku R&D Manager PT Unilever Indonesia Tbk mengatakan bahwa aturan mencuci rambut itu haruslah disesuaikan dengan jenis dan kondisi rambut masing-masing orang. Tidak semua orang sama dan bisa keramas setiap hari.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Namun setidaknya Anda bisa melakukan perawatan rambut 3 kali dalam seminggu. Khusus untuk mereka yang memiliki rambut berminyak bisa melakukan keramas setiap hari namun dengan sampo yang ringan dan kondisioner untuk rambut berminyak.

"Aturan keramas yang tepat bisa dengan melakukan perawatan rambut rutin minimal 3 kali seminggu untuk rambut normal dengan sampo dan gunakan kondisioner sesudahnya. Namun untuk rambut berminyak bisa keramas setiap hari atau 2 hari sekali dengan sampo yang ringan dan kondisioner untuk rambut berminyak," ujar Vivi kepada VIVA.co.id.

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

Dia menuturkan bahwa gunakanlah kondisioner secara tepat. Terapkan mulai dari tengah hingga ujung rambut.

Hindari menerapkan kondisioner pada kulit kepala karena akan membuat rambut Anda semakin berminyak dan menimbulkan ketombe. Bilas dan bersihkan rambut setelah 2 menit untuk rambut bebas kaku.

"Anda bisa menerapkan kondisioner dimulai dari tengah hingga ujung rambut. Kemudian, bilas dan bersihkan rambut setelah di diamkan selama 2 menit," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya