Kelemahan Operasi Plastik di Luar Negeri

Ilustrasi operasi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Dalam beberapa tahun terakhir, tindakan pembedahan untuk kecantikan, atau operasi plastik kian diminati. Operasi plastik bukan sesuatu yang tabu lagi. Banyak wanita yang memilih operasi plastik untuk mempercantik penampilan mereka dengan cara instan.

Lima Artis Korea Ini Mengaku Pernah Operasi Plastik

Tidak hanya, membuat penampilan terlihat sempurna, operasi plastik juga dinilai praktis dan permanen. Bahkan, banyak wanita yang rela pergi keluar negeri, demi hasil yang sempurna. Banyak yang memilih Korea Selatan dan Thailand.

Menurut dr Laksmi Achyati dari RS Khusus Bedah Plastik Bina Estetika ada kelemahan dan kekurangan saat menjalani operasi di luar negeri. Dan, yang paling utama adalah kendala bahasa, dan dikhawatirkan memengaruhi hasil operasi.

Demi Bokong 'Kim Kardashian', Wanita Ini Rela Mati

"Menurut saya, orang yang melakukan operasi plastik di luar negeri, biasanya terkendala dengan komunikasi. Ini bisa menyebabkan tidak well information di awal," ujar dr Laksmi kepada VIVA.co.id.

Ia menuturkan, jika terjadi apa-apa dalam tindakan operasi tersebut, tentunya akan membuat pasien kembali lagi ke tempat melakukan operasi. Dan, hal itu akan menambah biaya yang tidak sedikit dan juga waktu.

Cosplayer Habiskan Rp869 Juta Demi Cantik, Ini Wajah Aslinya

Berbicara teknik, tentunya teknik yang dilakukan baik dari dokter Indonesia maupun luar negeri tak berbeda. Bahkan, di Indonesia, memiliki dokter operasi plastik yang sedikit, sehingga kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

"Dokter bedah plastik di Indonesia, jumlahnya sedikit tidak sampai 200 orang, dan rata-rata mereka berbasis di Jakarta. Kalau di Korea, dokternya sudah mencapai 2000-an lebih," ucap Laksmi.

Untuk itu, ia mengingatkan, jika ingin melakukan bedah plastik di luar negeri, pastikan melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa Anda tidak menempatkan diri dalam bahaya, dan memastikan bahwa bedah yang akan dilakukan berjalan lancar. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya