Ekspresi Wajah Ini Bikin Anda Lebih Tua Dua Tahun

Ekspresi senyum
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah penelitian baru yang diterbitkan di Paychonomic Bulletin and Review Journal mengatakan bahwa tersenyum bisa membuat Anda tampak lebih tua dua tahun, dibandingkan jika Anda menampilkan ekspresi wajah datar.

Viral Video Ekspresi Anak Kecil Kaget saat Bapaknya Pulang

Dilansir laman The Independent, sejumlah peneliti menampilkan secara cepat rangkaian gambar dari satu orang yang sama dengan ekspresi tersenyum, wajah netral atau terlihat terkejut, kepada 40 partisipan.

Mereka kemudian menemukan bahwa para partisipan memandang wajah terkejut terlihat lebih muda dan wajah tersenyum dianggap lebih tua, meskipun itu wajah dari orang yang sama.

Pakar Mikro Ekspresi Bahas Permintaan Maaf Ayus Sabyan

"Hal yang mencolok adalah ketika para partisipan ditanya setelah melakukan percobaan mengenai persepsi mereka, mereka keliru mengingat kalau wajah yang tersenyum adalah yang terlihat lebih muda," jelas peneliti Melvyn Goodale, direktur Brain amd Mind Institute di Western University, Kanada.

Goodale melanjutkan, para partisipan benar-benar buta terhadap fakta bahwa mereka membuat wajah bahagia menjadi lebih tua. Persepsi dan apa yang mereka yakini sangat bertolak belakang.

Viral Kisah Bayi Hiro yang Mengidap Moebius Syndrom

Goodale kembali mengatakan bahwa hasil percobaan ini berselisih dengan penggunaan senyum yang umum ada di berbagai iklan perawatan kulit, termasuk produk anti penuaan dan pemutih gigi.

Dia menyarankan bahwa efek penuaan dari senyum berasal dari ketidakmampuan seseorang untuk mengabaikan kerutan atau garis tawa yang terbentuk di sekitar mata saat tersenyum. Sebaliknya, ekspresi terkejut justru mengurangi tampilan kerutan.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya