Uniknya Sepatu dari Alga yang Ramah Lingkungan

Sepatu dari alga
Sumber :
  • vivobarefoot

VIVA.co.id – Tanpa kita sadari, hampir semua yang kita pakai memang menghasilkan emisi karbon. Bahkan sepatu kita pun bisa memberi dampak besar pada lingkungan bila dikalikan dengan konsumen. Itulah sebabnya banyak perusahaan sepatu modern beralih ke bahan dan metode produksi yang lebih ramah lingkungan.

Biar Aman dari COVID-19, Ada Model Sepatu Khusus Social Distancing

Seperti Vivobarefoot, perusahaan berbasis di London mengumumkan sebuah kemitraan dengan Bloom yang berbasis di Mississippi untuk menciptakan Bloom Foam, sepatu pertama yang dibuat dengan alga. Lebih tepatnya, sepatu menggunakan busa EVA yang terbuat dari biomassa ganggang yang dipanen. Ini membersihkan air dan mengurangi jejak karbon pada saat bersamaan.

Kolaborasi dimulai dengan sepatu Ultra Vivobarefoot. Sepatu petualangan amfibi ini akan dibuat seluruhnya dari busa alga Bloom-EVA seperti yang disebut pembuatnya. Dalam sepasang sepatu pria berukuran 11,5 inci, sepatu Vivobarefoot x Bloom mengembalikan 57 galon air bersih ke habitat dan mengurangi 40 balon karbon dioksida dari atmosfer bumi.

Kisah Piero, Merek Sepatu yang Ternyata Bukan Italia, tapi Jawa Banget

"Ini adalah revolusi sejati untuk industri alas kaki dengan alternatif berbasis tanaman pertama untuk petro-busa di mana-mana," kata Galahad Clark, pendiri Vivobarefoot, seperti dilansir Digitial Trend. 

"Kami sangat senang menjadi perusahaan pertama yang menggunakan Bloom di sepatu kami dan selanjutnya misi kami untuk membuat sepatu yang sempurna, sempurna untuk kaki dan dampak minimal di planet ini."

Dipakai Jin BTS, Sepatu 'Kaki Kambing' Diprediksi Jadi Tren 2019

Bloom pertama kali mulai menciptakan bahan berbasis kinerja mereka pada tahun 2015. Mereka telah menciptakan alternatif berbasis tanaman dan berkinerja tinggi di dunia untuk busa fleksibel sintetis dan berbasis minyak bumi. Panen terjadi pada sumber air tawar yang berisiko tinggi terkena ganggang.

Ketika fosfor dan nitrat, biasanya ditemukan di pupuk, masuk ke saluran air, mereka menciptakan kondisi prima untuk pertumbuhan ganggang yang tak terkendali. Mawar berbahaya ini melepaskan racun yang memengaruhi manusia dan hewan sekaligus menipiskan oksigen dan sinar matahari di air. Hal ini menyebabkan kematian massal satwa laut termasuk burung, ikan, dan mamalia.

Karena Bloom Foam menghilangkan ganggang dan menggantikan bahan berbasis minyak bumi, ini adalah solusi terbaik bagi lingkungan. Sepatu Vivobarefoot x Bloom Ultra akan tersedia di toko-toko dan online pada bulan Juli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya