Ketahui Cara Ampuh Usir Komedo Membandel

Ilustrasi perawatan wajah.
Sumber :
  • Pexels/Breakingpic

VIVA.co.id – Whitehead atau dikenal dengan komedo kecil berwarna putih merupakan bentuk ringan dari jerawat. Komedo ini terlihat seperti benjolan kecil berwarna putih di kulit. 

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Komedo serupa dengan blackhead atau komedo hitam yang terbuka. Biasanya komedo ini disebabkan oleh minyak, sel kulit mati dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori. Whitehead dapat ditangani dengan efektif di rumah, dengan menggunakan beberapa praktik perawatan kulit dan kebersihan yang baik.

Berikut ini beberapa cara ampuh mengatasi komedo putih pada wajah dilansir dari Times of India, Rabu, 28 Juni 2017.

5 Manfaat Ajaib Buah Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Wanita

Mencuci wajah

Anda dapat menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan masalah dan jenis kulit Anda. Cucilah wajah dua kali sehari, dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang lembut dan tanpa minyak. 

Masih Malas Double Cleansing? Ini 4 Bahayanya yang Wajib Kamu Tahu!

Hindari mencuci wajah dengan terlalu kasar atau menggunakan produk perawatan kulit yang keras, karena hal ini dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit.

Segera bersihkan make-up

Pastikan Anda membersihkan make-up begitu sampai di rumah. Jika Anda tidak memiliki pembersih di rumah, Anda bisa menggunakan krim wajah atau petroleum jelly untuk membersihkan make-up.

Lakukan pengelupasan

Anda dapat melakukan pengelupasan pada kulit dan menggosok kulit Anda dengan bahan-bahan alami dan lembut. Cara ini mampu untuk menyingkirkan semua sel kulit mati dan pori-pori yang tersumbat.

Anda dapat melakukan pengelupasan ini 1-3 kali dalam seminggu. Pastikan agar tidak melakukannya berlebihan karena ini bisa merusak kulit Anda.

Gunakan produk jerawat

Untuk komedo putih, jangan menggunakan produk yang salah dan pilihlah ramuan yang mengandung bahan anti-bakteri seperti benzoyl peroxide dan salicylic acid. Bahan-bahan tadi akan membantu mengurangi bakteri dan mengecilkan jerawat. Pastikan Anda menggunakan perawatan komedo putih atau jerawat hanya pada bagian yang terkena dan tidak secara keseluruhan.

Ganti sarung bantal

Bakteri dapat bersarang di sarung bantal Anda. Ini bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Untuk menghindarinya, gantilah sarung bantal secara rutin. Jagalah kebersihan dengan teliti agar kulit Anda dapat terjaga dan terhindar dari jerawat. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya