Solusi Jitu Atasi Kulit Wajah Berminyak

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla5

VIVA.co.id – Kulit berminyak adalah kelebihan minyak yang dihasilkan oleh lapisan kulit. Kondisi kulit seperti ini disebabkan oleh produksi sebum berlebihan.

Ini Dia Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Sebum memang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap seimbang. Namun, sebum yang terlalu banyak akan menyumbat pori-prori, hingga menimbulkan jerawat, komedo dan kulit iritasi.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika memiliki tipe kulit berminyak, seperti dilansir dari Times of India, Jumat, 30 Juni 2017.

7 Trik Jitu Kurangi Minyak di Wajah Sampai Tuntas

Pilih sabun wajah yang tepat

Jika tidak ada perubahan pada wajah meskipun sudah dibasuh dengan sabun, saatnya Anda mengganti sabun pencuci wajah yang lebih baik. Sebaiknya gunakan pembersih wajah yang tidak terlalu creamy dan pilih sabun yang mengandung benzoyl peroxide, tea tree oil, asam salisilat. Bahan-bahan tersebut dikenal baik untuk mengatasi wajah berminyak.

Deretan Makanan Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Gunakan kertas minyak wajah

Jangan terlalu sering mencuci wajah untuk menghilangkan minyak berlebih. Jika wajah berminyak, sebaiknya atasi saja dengan kertas minyak wajah. Kertas ini membantu menyerap minyak berlebih dan mencegah kulit mengkilap akibat minyak.

Jangan lupakan pelembap

Pelembap kerap menjadi item yang dihindari untuk mencegah timbulnya wajah mengkilap akibat minyak di wajah. Padahal, menghindari pelembap akan membuat wajah menjadi kering dan kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Untuk menghindari wajah berminyak banyak ahli menyarankan penggunaan pelembap agar kulit tetap terhidrasi. Anda hanya perlu mencari krim pelembap yang tepat, terutama mengandung hyluronic acid, aloe vera, gliserin dan hindari penggunaan minyak kelapa, petroleum dan cocoa butter.

Jangan gunakan riasan tebal

Riasan berlebihan hanya akan menutup pori-pori Anda. Sebaiknya gunakan make-up yang tidak terlalu tebal dan bebas minyak. Carilah foundation berbahan mousse ketimbang yang cair.

Untuk menyempurnakan riasan, Anda dapat gunakan bedak compact. Jangan lupa untuk selalu bersihkan riasan wajah agar kulit dapat bernafas.

Hindari scrubbing

Banyak sekali resep rumahan untuk wajah yang  mengharuskan Anda untuk memulasnya di wajah dengan cara digosok-gosokkan ke kulit agar kulit mati terangkat. Namum, cara ini dianggap memicu produksi minyak lebih banyak.

Tak hanya itu, hindari penggunaan air panas karena akan menghilangkan asam lemak yang dibutuhkan kulit. Sebaiknya gunakan maker lumpur yang dianggap lebih baik untuk digunakan oleh mereka dengan kulit berminyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya