Khasiat Mujarab Kurma untuk Kecantikan

Kurma
Sumber :
  • Pixabay/ jackmac34

VIVA.co.id – Kurma merupakan salah satu buah super yang awet disimpan, tanpa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. Kurma memiliki rasa manis dan daging berserat sangat lembut serta mengandung dekstrosa dan fruktosa yang mudah dicerna oleh tubuh.

Kisah Mualaf Penyembah Api, Mencari Hidayah dan Akhirnya Memeluk Islam

Selain rasanya yang khas, kurma memiliki kontribusi besar di dunia kecantikan karena menjadi sumber vitamin, mineral, antioksidan, flavonoid dan lain-lain. Dilansir dari Good Health All, Selasa, 4 Juli 2017, berikut manfaat buah kurma untuk kulit dan rambut.

Memperbaiki sel kulit rusak

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Kurma merupakan sumber vitamin B5 atau asam pantotenat yang baik dan sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak karena radikal bebas. Mengonsumsi kurma secara teratur dapat mencegah kerusakan sel kulit karena kandung antioksidan dapat menstabilkan radikal bebas dan membuat kulit cantik alami.

Menjaga kesehatan kulit

6 Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa, Ternyata Bisa Membantu Pencernaan

Kurma sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena merupakan sumber vitamin A yang baik, nutrisi vital yang memberi banyak manfaat bagi tubuh dan kulit. Kandungan itu efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kering dan juga berperan penting dalam menjaga regenerasi sel-sel kulit baru.

Vitamin A juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan rajin mengonsumsinya akan membuat kulit tetap sehat, kencang dan bersinar.

Mencegah penuaan dini

Buah kurma kaya akan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Hebatnya, antioksidan yang terdapat dalam buah kurma bekerja dari dalam dan luar tubuh. Dengan konsumsi kurma secara teratur akan sangat efektif mengurangi garis-garis halus, keriput, bintik-bintik hitam dan menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit kencang dan awet muda.

Mengobati kelainan kulit

Kurma adalah sumber vitamin B yang baik, yang berperan penting dalam mengobati banyak kelainan kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat dan stretch mark, masker kurma dan madu bisa membantu memudarkan bekas luka dan stretch mark.

Membuat rambut dan kulit kepala sehat

Dengan vitamin B5 yang dikandungnya, kurma dapat menjaga kesehatan rambut. Selain itu, juga mampu mencegah berbagai masalah rambut seperti rambut rapuh, ujung bercabang dan sebagainya.

Selain vitamin, mineral yang dikandungnya juga dapat memberikan nutrisi yang baik pada rambut dan kulit kepala, sehingga membuat rambut menjadi halus dan mengkilap. Selain itu, meningkatkan kekuatan rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok.

Menjadikan rambut panjang dan tebal

Untuk mendapatkan rambut panjang, kuat dan tebal, Anda perlu memijatnya dengan beberapa tetes minyak dari kurma di kulit kepala Anda. Ini akan memberi nutrisi pada rambut dan kulit kepala.

Menyuburkan rambut

Kurma sangat bermanfaat untuk mengobati rambut rontok karena adanya vitamin B dan zat besi di dalamnya. Kandungan ini membantu memberikan makanan yang layak untuk rambut dan juga mencegah folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas karena kandungan antioksidan yang baik pada kurma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya