Seberapa Sering Anda Harus Potong Rambut?

Ilustrasi salon kecantikan.
Sumber :
  • Istimewa/Amore Salon

VIVA.co.id – Keluar dari salon dengan potongan rambut baru barangkali menjadi hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang, terutama kaum hawa. Mengunjungi salon bisa saja sudah menjadi ritual yang dilakukan teratur dalam jangka waktu tertentu.

Rahasia Memilih Model Rambut, Tampil Menawan Sesuai Bentuk Wajah

Tapi tahukah Anda, kapan harus kembali ke salon untuk memotong rambut?

Jika Anda memiliki rambut pendek dan bertekstur, waktu yang disarankan untuk kembali datang ke salon adalah sekitar lima hingga enam minggu setelah potong rambut. Itu dikatakan oleh Patrick Cameron, seorang penata rambut yang juga merupakan bagian dari London Hairdressing Apprenticeship Academy (LHAA).

Bisa Raup Cuan Maksimal Bisnis Barbershop, Begini Kuncinya

"Jika Anda memilih potongan rambut pendek, lima atau enam minggu kemudian adalah waktu yang tepat untuk menjaga tampilan rambut tersebut secara keseluruhan," kata dia, dikutip dari laman Metro.co.uk, Rabu, 5 Juli 2017.

"Rambut dengan potongan bertekstur seringkali menjadi rata dan berubah bentuk lebih cepat ketimbang potongan rambut 'tumpul' seperti bob misalnya.” ucapnya menambahkan.

Wujudkan Pernikahan Impian Penuh Pesona Tradisional Bersama House of Liza

Namun jika Anda memiliki rambut panjang dengan layer atau potongan rambut rata, tidak perlu terburu-buru untuk kembali ke salon. Cameron menyarankan untuk kembali ke salon setidaknya tiga atau empat bulan sekali dalam setahun agar rambut tetap sehat.

"Mereka dengan rambut tersebut (panjang dengan layer atau rata) cenderung jarang kembali ke salon lebih sering, beberapa di antaranya hanya satu atau dua kali dalam setahun. Namun, saya menyarankan untuk ke salon setiap tiga atau empat bulan sekali untuk menjaga kesehatan rambut," ucapnya.

Cameron menjelaskan bahwa mereka dengan rambut bergelombang, ikal atau keriting seringkali hanya datang ke salon sebanyak satu atau dua kali dalam setahun karena takut potongan rambut yang terlalu pendek.

Ya, panjang rambut bergelombang atau ikal terkadang suka menipu. Misalnya, potongan 1 sentimeter saja dapat membuat rambut 2-3 sentimeter lebih pendek.

"Bagi yang berambut panjang atau keriting, saya menyarankan ke salon untuk menjaga kesehatan, kilau dan kualitas rambut secara keseluruhan. Sah-sah saja jika ingin memotong," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya