Presiden Jokowi Pasang Sendiri Bleketepe

Presiden Joko Widodo memasang bleketepe
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA – Prosesi siraman menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dan Boby Nasution diawali dengan pemasangan bleketepe atau anyaman daun pisang di depan kediaman pribadi Jokowi. Pemasangan tersebut dilakukan langsung oleh presiden.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Presiden Jokowi tampak memakai busana adat jawa beskap berwarna oranye dan penutup kepala blangkon. Ia didampingi Ibu Negara Iriana yang mengenakan busana kebaya dengan warna serupa.

Tak hanya itu, dua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, turut mendampingi. Bahkan sang menantu Selvi Ananda serta cucunya, Jan Ethes Srinarendra, tampak ikut mendampingi pemasangan bleketepe.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Setelah itu, Jokowi pun naik tangga yang telah disiapkan di depan pintu rumah. Lantas, Iriana Jokowi langsung menyerahkan bleketepe kepada Jokowi untuk dipasang di atas pintu masuk. Usai memasang bleketepe, Jokowi langsung turun tangga. Kemudian dilanjutkan dengan membuka brongsong atau penutup pisang raja berupa kain berwarna merah.

Rangkaian itu dilanjutkan dengan memasang padi di atas pisang raja. Kemudian langsung memasang daun opo-opo di antara celah-celah pisang raja. Kemudian Jokowi juga meletakkan cengkir atau kelapa muda di bawah dan tebu. Setelah rangkaian pemasangan bleketepe selesai, Jokowi langsung kembali masuk ke rumah.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Setelah pemasangan bleketepe, prosesi dilanjutkan dengan siraman kepada calon pengantin putri di dalam kediaman Presiden Jokowi. (one)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021