Hijab Nyaman untuk Wanita Muslim saat Olahraga

Nike akan merilis Pro Hijab untuk atlet muslim
Sumber :
  • Hypebae

VIVA – Setelah diumumkan pada Maret 2017, akhirnya Nike Pro Hijab dirilis awal bulan ini. Hijab olahraga ini dibuat terinspirasi oleh atlet wanita berhijab.

Modal Pakai Sepatu, 5 Pemain Ini Bisa Langsung 'Mandi Duit'

Dan, atlet Muslimah di balik peluncuran hijab tersebut adalah juara Olimpiade Ibtihaj Muhammad, skater Zahra Lari dan atlet angkat besi, Amna Al Haddad. Muhammad mengatakan bahwa hijab yang dikenakan sebelumnya, sering membuat pendengarannya jadi terhalangi, karena bahan hijab yang terlalu tebal.

Selain itu, hijab yang dikenakan juga panas, sehingga menghalangi aktivitasnya sebagai seorang atlet. Karena itu, ketika dia diminta untuk mencoba sampel hijab Nike, dia mengaku hijab tersebut sangat nyaman dikenakan saat beraktivitas.

Ekspor Ribuan Ton Timah ke AS-Eropa, MSP Beberkan Strateginya

“Tiba-tiba, saya bisa mendengar, saya tidak merasa panas dan rasanya lebih nyaman," kata dia, seperti dilansir dari Glamour, Senin 4 Desember 2017.

Nike Pro Hijab tersedia dalam warna hitam dan obsidian, mulai awal Desember secara daring dan di beberapa toko Nike di seluruh dunia, dengan harga Rp473 ribu. Sementara itu, warna putih dan abu-abu baru diluncurkan pada Januari 2018.

Iklan Nike Jepang tentang Rasisme dan Olahraga Picu Perdebatan

Hijab tersebut dirancang untuk mengatasi kendala yang sering dialami para atlet Muslimah selama berolahraga, dengan mempertimbangkan berat, breathability, atau kemampuan pakaian menyerap udara yang baik dan potensi bergeser selama berolahraga.

Hijab khusus olahraga ini dibuat dari kain yang memiliki kemampuan bernapas, atau mengeluarkan uap panas yang baik, yakni poliester ringan yang memiliki lubang-lubang kecil untuk bernapas secara optimal. Hijab ini juga sangat elastis, sehingga bisa disesuaikan dengan pemakainya dan dibuat menggunakan benang halus untuk menghindari gesekan dan iritasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya