Mengintip Persiapan Desainer Anna Mariana Tampil di AS

designer Anna Mariana
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Desainer tenun Anna Mariana segera tampil di ajang internasional Couture Collections di DC Fashion Week, Washington DC pada 25 Februari 2018. Demi tampil maksimal dengan karyanya melalui tenun dan songket, Anna melakukan pemanasan dengan memamerkan buah karyanya di Rapat Kerja Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Agung, Kamis 14 Desember 2017.

Wagub DKI Baru Tahu Ada Kain Tenun Khas Betawi

"Ada 60 karya. Saya  tampilkan koleksi tenun dan songket dari seluruh wilayah Nusantara, tentu termasuk songket Betawi. Saya juga mengembangkan desain tenun dan songket terbaru dari Yogya, Solo dan Papua,” ungkap Anna melalui pesan singkat kepada VIVA.

Menurut Anna, baik di Jawa maupun Papua tak ada songket dan tenun yang handmade. Dari situlah, ia kemudian berinisitaif menyebarluaskan pembuatan songket ke daerah-daerah langka, seperti Solo, Yogya, dan Papua.

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

“Ini pengembangan baru karya saya untuk kain tradisional Indonesia, setelah saya meluncurkan tenun dan songket Betawi,” ujar Anna.

Berbicara tentang rencana DC Fashion Week Washington di Amerika Serikat, Anna terlihat sangat antusias. Anna akan diberi kesempatan untuk menampilkan 10-20 busana, dan salah satunya merupakan baju pengantin internasional berbahan dasar tenun.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

“Buat masyarakat barat, tenun dan songket itu sangat eksotis. Karena di daerah mereka, tak ada lagi proses pembuatan kain secara handmade seperti tenun dan songket," ucap Anna.

Desainer songket dan tenun, Anna Mariana

Komitmen Anna Mariana Angkat Songket-Batik ke Pasar Dunia

Menampilan batik terbaru karyanya di Balai Kota.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2018