5 Tips Liburan Akhir Tahun Tanpa Cuti

https://pixabay.com/en/photographer-tourist-snapshot-407068/
Sumber :

VIVA – Kerjaan kantor yang serasa tak ada habisnya, tentu membuat Anda penat dan stres. Liburan agaknya dapat menjadi pelarian yang pas untuk menyegarkan kembali otak karena tekanan dan deadline pekerjaan. Selain itu, berlibur juga menjadi sebuah cara untuk menikmati “me time” yang mungkin sudah lama tak Anda nikmati karena terlalu sibuk.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Namun bagaimana bila ingin liburan, tapi Anda ternyata masih karyawan baru atau cuti tahunan sudah habis? Hal ini bukanlah persoalan besar jika Anda tahu cara menyiasatinya. Cobalah beberapa tips ini untuk memaksimalkan liburan akhir tahun tanpa bolos dari pekerjaan:

1. Berangkat setelah pulang kantor
Mumpung momen Tahun Baru kali ini jatuh saat long weekend, maka inilah kesempatanmu untuk berlibur. Triknya pun sederhana, berangkatlah pada Jumat sore atau malam setelah pulang kantor. Pastikan pula untuk berangkat sesegera mungkin sebelum jalanan menjadi lebih macet. Dengan begini, kamu tak perlu tak perlu mengambil cuti untuk menikmati momen akhir tahun. Kemudian, pada Senin sore atau malam, Anda harus kembali ke rumah agar dapat masuk kantor kembali keesokan harinya.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

2. Menginap di hotel yang letaknya dekat dengan tempat perayaan akhir tahun
Meriahnya acara pergantian tahun menjadi magnet utama yang menarik banyak wisatawan. Makanya saat liburan akhir tahun, bisa dipastikan lokasi-lokasi wisata akan padat oleh pengunjung. Oleh karena itu, pilihlah penginapan di pusat kota agar terhindar dari risiko macet, dekat dengan tempat perayaan akhir tahun, dan tidak lagi direpotkan dengan biaya tambahan seperti  transportasi.

Sebagai contohnya, bila liburan ke Yogyakarta, Anda bisa pilih penginapan di wilayah Malioboro. Di kawasan ini, Anda bisa menikmati pagelaran musik dan riuh suasana kota dengan gemerlap cahaya kemang api yang terkonsentrasi di Titik Nol Kilometer. Kalaupun Anda merasa kelelahan akibat mengunjungi objek wisata sejak pagi hari, Anda tetap bisa menikmati riuhnya suasana kota dari jendela kamar atau rooftop hotel.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

3. Rencanakan agenda perjalanan sederhana tapi memorable
Sebelum berangkat, cobalah untuk menentukan apa yang Anda inginkan selama liburan kali ini. Misalnya, Anda ingin relaksasi, maka Anda bisa memilih berlibur ke Lombok atau Bali yang memiliki pantai yang indah. Atau, jika Anda ingin bersantai sambil berpesta, Anda bisa memilih kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Singapura yang menawarkan berbagai acara seru di malam pergantian tahun.

Setelah itu, lakukanlah riset kecil-kecilan tentang objek wisata, festival tahunan, atau aktivitas apa saja yang harus dikunjungi selama liburan. Jadi, walaupun Anda datang ke kota yang sama, tapi tetap bisa mengunjungi objek wisata yang berbeda untuk menciptakan pengalaman baru.

4. Batasi jumlah tujuan Anda
Bukanlah hal mustahil jika Anda ingin mengeksplor banyak tempat wisata dalam waktu liburan yang singkat. Namun, jadwal yang padat dapat menguras tenaga dan membuat Anda kewalahan. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk membatasi jumlah tujuan wisata Anda.

Eksplor setiap lokasi wisata yang menarik atau belum pernah dikunjungi, serta mudah dijangkau supaya waktu yang cukup singkat ini tidak habis di perjalanan. Ini penting untuk memaksimalkan liburan Anda dan membuatnya terarah dengan waktu berlibur yang singkat.

5. Gunakan OTA
Bepergian naik pesawat adalah jalan keluar yang tepat untuk menghemat waktu perjalanan. Carilah tiket pesawat yang sesuai bujet liburan Anda. Di beberapa online travel agent (OTA), kamu bisa dengan mudah menemukan tiket termurah dan memesan tiket pesawat, hotel, dan kebutuhan lainnya kapan saja dan di mana saja.

OTA seperti Traveloka pun kini memiliki fitur yang memudahkan Anda berlibur singkat sesuai bujet bernama Price Alerts. Berkat fitur ini, Anda bisa mendapatkan notifikasi langsung dari Traveloka App ketika harga tiket pesawat cocok dengan bujet yang telah Anda tentukan. Cukup atur tujuan, tanggal, dan kisaran harga yang inginkan, dan nantinya Anda akan menerima notifikasi langsung di ponsel untuk rencana perjalanan tersebut. Kapan pun berangkatnya, Anda bisa tetap menikmati harga terbaik. Jadi, tak perlu lagi mengecek harga tiket secara manual.

Dengan mencoba beberapa tips di atas, liburan akhir tahun kali ini tak lagi harus dirayakan di rumah saja. Anda tetap bisa berlibur tanpa khawatir akan tanggung jawab di kantor. Yuk, segera merencanakan liburan akhir tahun Anda!


VIVA beberapa waktu lalu traveling ke hotel paling ekstrem di Indonesia, menggantung di tebing setinggi 500 meter! Perjalanannya seru dan menantang! Pemandangannya ciamik banget! Cek aja di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya