Wagub DKI Baru Tahu Ada Kain Tenun Khas Betawi

Gubernur Anies Baswedan dan desainer Anna Mariana
Sumber :
  • Instagram Anna Mariana

VIVA – Desainer kondang Anna Mariana mendapat kesempatan khusus memberikan tenun dan songket kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Momen paling berharga bagi Anna itu diposting di akun Instagramnya beberapa jam lalu.

Komitmen Anna Mariana Angkat Songket-Batik ke Pasar Dunia

Anna dengan bangga, songket yang ditunjukkan kepada Anies bisa menjadi kebanggaan warga Betawi.

"Betawi Punye Songket & Tenun". Memberikan Cukin dan Selendang untuk Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan beserta istri dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno beserta istri di Acara Festival Silat Tradisi Betawi dan Penganugrahan Gelar Kehormatan kepada Gub dan Wagub beserta istri di Setu Babakan 16 Des 2017.
#Marsya #Tenun #Songket #Songketbetawi #Tenunbetawi #Festival #Setubabakan,
" begitu postingan Anna.

Mengintip Persiapan Desainer Anna Mariana Tampil di AS

Anna Mariana menyebut karyanya memang dibuat khusus untuk Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta beserta istri masing-masing.

"Saya berharap pemimpin tertinggi Jakarta ini mau dan terus mensupport, memperkenalkan dan mempromosikan keberadaan tenun dan songket Betawi. Bersama Bamus, kami berencana mengembangkan pelatihan pengerajin tenun dan songket di Setu Babakan agar  bisa terus lahir para pengerajin handal yang akan mengembangkan ini menjadi bagian  dari budaya tradisonal Betawi atau Jakarta,” tutur Anna Mariana.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Pada kesempatan itu juga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno beserta istri masing-masing, Fery Farhati dan Nur Asia mendapat gelar adat 'Abang dan Mpok' dari Badan Musyawarah Betawi (Bamus). Acara penganugerahan itu digelar di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Sandi menyebut Cukin (tenun) yang baru diperoleh dalam anugerah adat tersebut sebagai karya yang keren.

“Saya baru tahu ada tenun khas di Betawi. Ini keren. Ini dibuat oleh Ibu Anna Mariana!” ucap Sandi.

Anies mengaku akan terus mendorong seni kreatif yang berhubungan dengan budaya Betawi.

“Kita akan mempromosikan secara terus menerus kerja kreatif semacam ini.  Ini salah satu  bentuk pengembangan budaya Betawi  yang akan selalu kita dorong. Sebagai catatan, sejak dari masa kampanye pun salah satu janji kita adalah tentang pengembangan budaya Betawi, jadi memang  sejalan dan kita akan laksanakan bersama-sama," ucap Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya