Sering Pakai High Heels Bisa Mengecilkan Betis?

Ilustrasi sepatu hak tinggi di dalam rumah
Sumber :
  • Pixabay/Simonlees

VIVA – Memiliki tubuh yang ideal merupakan salah satu impian para wanita, salah satunya adalah memiliki betis yang ramping. Mungkin Anda sudah membaca beberapa tips bagaimana cara mengecilkan betis, salah satunya adalah dengan menggunakan hak tinggi.

Lama Berdiri di Transportasi Umum, Deret Bahaya Ini Mengintai

Namun, menurut dokter spesialis ortopedi, Dr. dr Christiana Linda Wahjuni, SpOT, M.Kes, FICS, CCD, dengan menggunakan hak tinggi dalam jangka waktu lama tidak membuat betis terlihat lebih ramping. Sebaliknya, justru betis menjadi tampak lebih besar.

"Menggunakan high heels, memang dapat membuat tampilan seorang wanita terlihat lebih cantik dan anggun. Namun, ketika digunakan dalam jangka waktu lama dapat membuat otot-otot yang terdapat pada betis menjadi tegang, dan membuat betis terlihat lebih besar,” ucapnya, saat ditemui oleh VIVA beberapa waktu lalu.

Awas, Sering Pakai High Heels Picu Varises di Kaki

Dr. Linda mengatakan, penggunaan sepatu hak tinggi bukan hanya mengakibatkan bertambah besarnya otot pada betis, namun juga dapat berakibat rasa sakit pada kepala. Namun, jika ingin tetap terlihat cantik, ia menganjurkan untuk menggunakan sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi, yakni lima sentimeter saja.

"Kalau mau berdiri-berdiri cantik saja, enggak apa-apa menggunakan high heels. Tetapi, kalau untuk bekerja dan harus bergerak ke sana-sini, sebaiknya menggunakan sepatu dengan hak lima sentimeter saja. Sehingga, kaki tidak akan lebih mudah lelah dan sakit,” ujarnya. (asp)

4 Gerakan Stretching Setelah Lari, Menghindarkan Cidera Demi Keselamatan Diri
Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Cedera Betis, Apriyani/Fadia Mundur di 16 Besar Asian Games 2022

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti memutuskan mundur di babak 16 besar Asian Games 2022 Hangzhou setelah Apri mengalami cedera.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2023