Membiarkan Rambuh Basah Kering Alami Ternyata Bawa Untung

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Bagi para wanita, rambut merupakan mahkota yang penting untuk dijaga. Kendati demikian, dalam merawatnya seringkali mengalami masalah seperti tidur dalam keadaan rambut basah.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Membiarkan tidur dalam keadaan rambut basah disinyalir dapat merusak ujung dan batang rambut. Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa hal itu benar-benar baik, dan tidak memiliki masalah berarti bagi rambut.

Menurut stylist dari KMS Global, Lori Panarello, tidur dalam keadaan rambut bawah ternyata ada baiknya. Sebab hal tersebut dapat meningkatkan pola gelombang alami. 

Rambut Capek Sering Bikin Mood Jelek? Yuk Cek Ciri-cirinya!

"Ya, tidak apa-apa tidur dengan rambut basah. Membiarkan rambut Anda lembap dapat meningkatkan pola gelombang alami atau bahkan membuat gelombang ke rambut Anda, memberikan tampilan alami dan hidup,” ujar Lori seperti yang dilansir dari laman Pop Sugar.

Meski begitu, membiarkan rambut kering secara alami ternyata jauh lebih baik untuk kesehatan rambut. Minyak alami pada rambut  memungkinkan struktur rambut tetap utuh sekaligus menjaga rambut agar tidak kering dan pecah. 

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Ada perbedaan besar antara memukul bantal dengan rambut basah saat tertidur, yang menyebabkan kutikula rusak. Untuk itu, sebaiknya peraslah air pada rambut agar rambut tetap sehat.

"Jangan pernah tidur dengan rambut basah kuyup, karena rambut tidak akan pernah kering dalam semalam. Jangan hanya mengeringkan rambut dengan kencang, karena ini akan menyebabkan rambut menjadi keriting. Sebaiknya, peras airnya dengan lembut sehingga tidak mengganggu kutikula. 

Bila masih kurang Anda bisa menambahkan beberapa produk rambut yang bersifat ringan, seperti hairspay dan produk styling creme. Panarello pun memberikan tips bagaimana cara membuat rambut basah agar terhindar dari hal kerusakan dan tetap indah.

Bagi yang ingin memiliki gelombang dramatis di pagi hari, Anda bisa membuat lima bagian rambut yang dikepang. Kemudian bungkus rambut dengan dengan kain, dan Anda bisa tidur hingga besok pagi.

"Untuk gelombang yang lebih dramatis, bagilah sisi rambut menjadi empat kepang. Bungkus rambut dengan kencang dengan kain atau ikat kepala, sehingga meninggalkan rambut dalam keadaan yang lebih alami. Trik lainnya adalah membungkus bagian kecil dari rambut di kain saat Anda tidur, ini akan memberi rambut tekstur yang mudah,” ucap dia.

Untuk menciptakan tekstur, terapkan produk khusus untuk tekstur rambut. Ini akan menyempurnakan hasilnya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya