Kendall Jenner Dihujat Pakai Mantel Bulu di DSquared2 Milan

Kendall Jenner
Sumber :
  • Instagram Kendall Jenner

VIVA – Bintang reality show, Kendall Jenner dinobatkan sebagai model dengan bayaran tertinggi di dunia. Meski begitu, baru-baru ini wanita berusia 22 tahun itu jadi buah bibir, setelah kemunculannya di catwalk DSquared2 di Milan.

Kendall Jenner Posting Foto Bugil di IG Diserang Kritik Netizen

Kendall tampil mengenakan jaket bulu warna hitam yang glamor kala itu. Dia pun memakai gaun print satin yang terlihat begitu luar biasa.

Namun, sayangnya busana Kendall itu mendapatkan kritik pedas dari Mimi Bekhechi, yakni direktur program internasional People for the Ethical Treatment of Animals. Kendall dinilai menjadi panutan yang buruk, karena tampil dengan mengenakan mantel bulu asli, meskipun kebenarannya belum  dikonfirmasi baik dari Kendall atau panitia.

Gak Nyangka, Kendall Jenner Ternyata Punya Masalah Kesehatan Mental

"Pada saat merek mewah dari Michael Kors hingga Gucci meluncurkan tren bulu ini, tentu menjadi pro kontra dan Norwegia, menjadi salah satu produsen bulu terbesar di Eropa, dan akan bergabung dengan daftar negara yang sedang berkembang yang melarang pertanian bulu. Orang-orang mungkin akan benar-benar terkesima melihat label mengirim sekumpulan mayat binatang ke atas catwalk,” ujar Bekhechi seperti dilansir Independent.

Dia menuturkan, di peternakan penghasil bulu dari binatang rubah, musang, dan kelinci biasanya hewan itu disimpan dalam kandang kawat yang kecil dan kotor. Binatang itu sengaja tidak diberi kebebasan untuk melakukan sesuatu di alam terbuka, sehingga mereka dibunuh dengan cara disengat listrik, ditenggelamkan, atau bahkan dikuliti hidup-hidup.

Kendall Jenner dan Devin Booker Diisukan Menikah Diam-diam

Mengenai hal ini, organisasi PETA pun akan terus memberi tekanan pada perancang dan selebriti yang memakai busana dari bulu asli. Sebab, ada begitu banyak kain vegan yang inovatif dan ramah lingkungan sebagai pengganti bulu hewan.

Terlepas dari hal tersebut, beberapa pengguna akun Twitter pun mengecam gaya busana Kendall yang memakai mantel bulu. Kendall dianggap menggiring persepsi anak muda agar tidak menghargai kehidupan binatang.

"Kendall Jenner, Anda memalukan, jutaan gadis muda melihat ke arah Anda dan Anda mendorong mereka untuk tidak menghormati hewan cantik di bumi kita. Bagaimana menurutmu memakai bulu itu, oke? Saya harap, karma segera menyusul Anda," tulis salah satu netizen yang tidak disebutkan namannya.

Tentunya, ini bukan kali pertama Kendall Jenner jadi kontroversi. Sebelumnya, kakak dari Kylie Jenner ini memicu serangan besar-besaran saat dia menjadi model iklan Pepsi pada April lalu.

Pada iklan tersebut, Kendall nampak menghentikan pemotretan ketika melihat sejumlah demonstran memperjuangkan hak-haknya. Sang model pun memutuskan untuk ikut masuk ke dalam keramaian, dan mendamaikan kedua belah pihak dengan memberikan sekaleng Pepsi kepada aparat keamanan.

Lantaran dihujani banyak kecaman dari begitu banyak pihak, terutama aktivis HAM dan penggerak Black Lives Matter, Pepsi pun menarik iklan tersebut. Pepsi, kemudian memberikan klarifikasi dan mencoba menyampaikan pesan persatuan, perdamaian, dan pengertian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya