Ketahui Mitos dan Fakta Tentang Bau Mulut

Ilustrasi sendawa dan bau mulut
Sumber :

VIVA – Mulut merupakan jendela utama kesehatan. Dimana makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh harus melewati mulut. Karena itu penting untuk mengetahui beberapa fakta dan mitos tentang mulut.

Terpopuler: Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Hingga Larangan Beli Baju Lebaran di 10 Hari Ramadhan

1.Mitos: Bau mulut disebabkan adanya masalah pencernaan.
Fakta
: Berdasarkan penelitian 85% bau mulut disebabkan oleh gigi dan mulut, hal itu disebabkan adanya bakteri hasil sisa makanan yang terselip di sela gigi.

2. Mitos: Napas bau hanya ketika berpuasa dan makan makanan tertentu.
Berpuasa dimana segala aktifitas makan dan minum terhenti selama lebih dari 12 jam, produksi air liur semakin menurun, seiring kita berkomunikasi dengan banyak orang.
Fakta: Kebersihan mulut yang buruk dapat menimbulkan penimbunan sisa makanan dalam mulut yang menjadi sarang bakteri untuk berkembang. Bakteri ini melepaskan uap hidrogen sulfida yang menyebabkan aroma busuk keluar dari mulut.

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Lakukan sikat gigi secara benar, dan gunakan benang untuk membersihkan sisa makanan disela-sela gigi guna mengurangi penimbunan sisa makanan yang mengendap yang bemicu bau mulut. Dan gunakan pembersih lidah khusus, hindari ditekan terlalu keras agar tidak menimbulkan luka pada lidah.

3.Mitos: Untuk mengatasi bau mulut cukup berkumur dengan obat kumur.
Selain untuk merawat kesehatan gigi dan mulut banyak orang melakukan berkumur pada saat mereka terganggu dengan kondisi bau mulutnya, yang dipercaya obat kumur adalah cara yang ampuh menghilangkan bau mulut.
Fakta:  Obat kumur hanya menyegarkan nafas dalam jangka waktu pendek, dan di dalam obat kumur terdapat kandungan alkohol yang dapat membuat mulut kering sehingga bau mulut tambah parah. Minum air putih sepanjang hari, tentunya juga membantu menghilangkan bau mulut dengan membersihkan sisa makanan dan mencegah mulut menjadi kering.

5 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Jarang Disadari, Dimulai dari Penglihatan yang Kabur

4.Mitos: Menghembuskan nafas ke telapak tangan untuk mengetahui bau mulut.
Fakta: Cara ini kurang tepat, karena nafas yang di hembuskan ke tangan tidak mencakup nafas keseluruhan, dan faktanya sumber bau tertinggi berasal dari mulut bagian belakang.

Cara yang paling tepat adalah dengan cara menjilat telapak tangan dan tunggu hingga kering, hal itu dapat membantu kita untuk mendeteksi apakah kita bau mulut atau tidak.

5.Mitos: Bau mulut bersifat genetik.
Fakta: Bau mulut bukan bersifat genetik. tetapi kebiasaan dalam keluarga untuk menjaga kesehatan mulut sengat berpengaruh untuk kesehatan mulut.

Itulah fakta dan mitos tentang mulut . Masalah bau mulut memang terlihat sepele namun jika sedang mengalaminya dapat menimbulkan krisis kepercayaan diri.

Agar selalu tampil segar dan bebas bau mulut kita harus menyediakan penangkalnya ‘Go Fress’ merupakan penyegar mulut instan yang dapat menyegarkan nafas dan meningkatkan kepercayaan diri kapan saja dan dimana saja .

Tak hanya kemasannya yang praktis dan muat di kantong, Gofress berbentuk film strip, hanya dalam 3 detik go fress larut dalam mulut dan bau mulut lenyap seketika, dan Gofress mengandung Germ Protection yang dapat menghilangkan bakteri sehingga kesegaraan mulut akan tetap terjaga dalam waktu yang cukup lama. ‘Gofress Bikin Asik Dalam 3 Detik’  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya