5 Tanda Kamar Mandi Butuh Renovasi

Ilustrasi kamar mandi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang paling sering digunakan, karenanya harus selalu berfungsi dengan baik, dan membutuhkan kebersihan yang intensif. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kamar mandi mungkin menunjukkan tanda-tanda kerusakan. 

Baru 3 Minggu Tinggal di Kontrakan, Pria 49 Tahun Ditemukan Tewas Membusuk di Kamar Mandi

Seperti yang dilansir dari Apartment Therapy, Rabu 24 Januari 2018, berikut adalah tanda-tanda kamar mandi membutuhkan perbaikan hingga renovasi. 

1. Tidak tertata dengan baik

Viral WC dengan Desain Gemerlap Diskotik, Netizen: Jongkok Jedag Jedug!

Banyak hal yang bisa dilakukan di kamar mandi. Karenanya fasilitas di kamar mandi harus memadai, seperti gantungan baju, cermin, hingga lemari mungil untuk meletakkan perlengkapan mandi. Namun, apabila di kamar mandi Anda fasilitas tersebut sudah mulai rusak, bahkan tidak ada, sebaiknya Anda menata kembali, dan melengkapi fasilitas tersebut.

2. Kurangnya tempat penyimpanan

Viral, Pasangan Menikah di Kamar Mandi Pom Bensin

Mulai kebingungan meletakkan sabun, sampo, pasta gigi, dan yang lainnya, cobalah meletakkan meja rias kecil di dalam kamar mandi, sebagai tempat penyimpanan. Namun, jika kamar mandi terlalu kecil untuk meja rias, dapat menggunakan kabinet atau rak gantung untuk meletakkan peralatan Anda. 

3. Lantai dan dinding mulai rusak

Ketika digunakan dalam waktu lama dan sering terkena air, beberapa lantai dan dinding akan mulai menunjukkan kerusakan. Seperti dinding mengelupas, lantai melumut, hingga keretakan pada lantai. Sebaiknya rutin untuk membersihkan kamar mandi, agar tidak ada lumut yang menempel. Apabila sudah terdapat kerusakan pada lantai dan dinding, segeralah memperbaikinya, agar tidak membuat kecelakaan yang fatal untuk Anda dan keluarga. 

4. Sistem yang tidak memadai

Kamar mandi yang baik adalah yang dapat membuat nyaman, dan aman penggunanya. Jika kamar mandi Anda terasa pengap, gelap, hingga licin, pengguna kamar mandi pun merasa ragu untuk menggunakannya. Karenanya sistem di kamar mandi harus dijaga sebaik mungkin. 

Jika terasa pengap dan gelap lihatlah pencahayaan dan ventilasi udara, apakah sistem sirkulasi udara di kamar mandi sudah kotor, atau rusak? Dan apakah pencahayaan di kamar mandi kurang memadai? Bersihkan saluran udara, dan tambahkan cahaya buatan bila diperlukan. 

5. Menggunakan cairan yang salah

Tidak ada hal terburuk ketika sudah membersihkan kamar mandi selama berjam-jam, namun tidak ada perubahan sama sekali pada kamar mandi. Hal ini bisa saja terjadi apabila Anda tidak tepat menggunakan cairan pembersih. 

Pilihlah cairan pembersih yang sesuai, dan ikuti panduan yang tertulis. Atau Anda dapat memanggil jasa ahli untuk membersihkan, dan memoles kembali kamar mandi Anda satu atau dua bulan sekali, agar selalu tampak berkilau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya