Cara Membersihkan Sendiri Lukisan Cat di Rumah

Ilustrasi lukisan dinding
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sama dengan benda lainnya, lukisan yang disimpan dalam jangka waktu lama, dan tidak dibersihkan, membuat banyak debu yang menumpuk. Karenanya, lukisan sebaiknya juga dibersihkan, agar selalu terlihat prima menghiasi ruang-ruang di rumah Anda.

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Saat ini sudah ada tenaga profesional yang dapat membersihkan lukisan. Namun, apabila lukisan dalam keadaan baik (tidak ada kerusakan) Anda juga dapat membersihkan lukisan sendiri.

Berikut adalah tips dan langkah-langkah membersihkan lukisan, seperti yang dilansir dari Hunker, Jumat 26 Januari 2018.

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

Langkah pertama

Lepaskan lukisan dari bingkai foto, perhatikan dengan teliti lukisan Anda. Apabila terdapat kerusakan, seperti cat mengelupas, sebaiknya hentikan aktivitas, dan biarkan ditangani oleh tenaga profesional. Namun, jika masih dalam keadaan baik, Anda dapat melanjutkan membersihkannya sendiri.

Wabah Corona, Ini 5 langkah Mendisinfeksi Rumah agar Bebas Virus

Langkah kedua

Setelah dilepaskan, letakkan lukisan di atas permukaan yang rata. Lalu, ambil sebuah sikat dengan bulu yang benar-benar halus untuk mengangkat seluruh debu yang menempel. Sebaiknya saat melakukan penyikatan, lakukan selembut mungkin agar tidak membuat cat pada lukisan retak dan rusak.

Langkah ketiga

Masukkan lima tetes air lemon ke dalam satu cangkir air hangat suam-suam kuku. Lalu, basahi sebuah kapas atau kain lembut, peras dan oleskan dengan lembut kain lembap tersebut ke seluruh bagian lukisan. Setelahnya ambil sebuah spons, lalu rendam dalam air dan peras. Kemudian, bersihkan cairan lemon hingga bersih menggunakan spons tersebut.

Langkah keempat

Larutkan setengah sendok teh kristal natrium karbonat dalam cangkir air hangat. Lalu, basahi kapas atau kain lembut, kemudian oleskan secara perlahan ke seluruh lukisan. Kemudian ambil spons bersih yang telah diberikan sedikit air, dan bersihkan lukisan dari kristal natrium karbonat sampai hilang seluruhnya, lalu tunggu hingga mengering.

Langkah kelima

Setelah lukisan mengering, Anda dapat meletakkannya kembali ke dalam frame yang juga telah dibersihkan sebelumnya. Dan lukisan Anda siap mempercantik ruangan Anda kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya