3 Rahasia Rumah Bahagia, Bikin Jauh dari Stres dan Depresi

Ilustrasi rumah yang bahagia
Sumber :

VIVA – Apa yang dapat membuat rumah terasa nyaman dan membuat bahagia penghuninya? Pertanyaan itu sering terlintas di benak desainer interior ketika menata rumah. Mereka berupaya untuk meningkatkan kesehatan mental bagi yang menempati rumah itu.

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Ada beberapa unsur penting yang menunjang suasana rumah terasa nyaman, sehingga menjauhkan penghuninya dari stres dan depresi. Seperti dilansir dari The Times, Senin 29 Januari 2018, berikut ini.

1. Penerangan

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Pencahayaan buruk sering dikatkan dengan depresi. Namun, sebuah studi mengatakan pencahayaan yang terang, seperti di rumah sakit atau laboratorium dapat meningkatkan fokus seseorang.

Menurut Ben Channon, sorang ahli kesehatan mental di Assael Architrcture mengatakan, setiap orang membutuhkan tingkat pencahayaan yang berbeda. Namun, terlalu sering duduk di tempat gelap, atau terlalu terang dapat memengaruhi ritme yang mengakibatkan sulit tidur dan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Gelapnya Dunia Pendidikan: Perundungan Mengancam Kesehatan Mental Calon Dokter Spesialis

2. Alam
Para ahli mengatakan bahwa hidup yang dekat dengan alam melahirkan manfaat untuk kesehatan mental. Karenanya, merupakan hal yang baik bila Anda meletakkan tanaman hias pada teras, atau menanam tanaman pada taman belakang, untuk menjaga hubungan dengan alam. Pikiran pun jadi lebih tenang.

3. Warna
Cara sederhana untuk memberikan kesan pada ruangan, yakni melalui warna. Kuning misalnya dapat merangsang pelepasan serotonin, yang dapat membuat bahagia, sedangkan hijau dan biru dapat melahirkan ketenangan. (asp)

Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024